Breaking News:

Berita Belitung Timur

Momentum HAN, Wabup Beltim Khairil Ingatkan Orang Tua Jaga dan Lindungi Anak dari Covid-19

Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mewanti-wanti para orang tua agar selalu menjaga anaknya dari paparan virus corona.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar saat ditemui di kantornya, Jumat (23/7/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mewanti-wanti para orang tua agar selalu menjaga anaknya dari paparan virus corona.

Caranya yaitu dengan selalu memakaikan masker kepada anak-anak ketika berada di luar rumah sehingga tidak mudah terpapar.

Khairil mengatakan itu dalam momentum peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021 yang selalu diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Di samping itu, Khairil juga menyoroti tentang pemastian pemenuhan hak-hak anak walaupun di masa pandemi ini. Menurutnya pemenuhan hak anak berguna agar tumbuh kembang anak maksimal.

"Anak-anak adalah wujud generasi kita mendatang. Peringatan HAN bukan hanya sebatas memperingati tapi kalau dapat semua elemen masyarakat, orang tua harus selalu menjadi momentum untuk berpartisipasi menjamin pemenuhan hak anak serta melindungi anak dari kekerasan dan diskriminasi," kata Khairil saat ditemui di ruangannya, Jumat (23/7/2021).

Menurut Khairil, anak-anak sangat tinggi risikonya terpapar covid-19 dari orang tua ataupun keluarganya yang punya mobilitas tinggi.

Dia mengaku bahwa pemerintah daerah pun menyadari hal itu, karenanya penerapan PPKM salah satu poinnya yakni menunda pembelajaran tatap muka yang bertujuan menghindarkan anak-anak dari risiko terpapar.

"Tinggal orang tualah supaya sayang dengan anaknya, jangan sampai terpapar. Kondisi ini mau tidak mau kita harus sama-sama disiplin menjaga jangan sampai Beltim makin hari bertambah. Beberapa hari sekali pasti ada saja penambahan kasus positif yang dialami oleh anak-anak," jelasnya.

Khairil meminta para orang tua tak bosan mengingatkan anak-anak menggunakan masker pada saat di luar rumah dan mengajarkan penerapan protokol kesehatan secara benar.

"Pesan saya kepada orang tua jaga anak semaksimal mungkin. Bahkan dirumah pun kalau dapat memakai masker. Kita tidak tau OTG, apa dari orang tua atau anak. Anak-anak jangan terlalu bebas berkeliaran di lingkungan bermain, semua demi menjaga situasi aman, ini penekanan saya," kata Khairil.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Beltim yang menjadi mitra Dinas Pendidikan, Jafri menekankan agar anak terlindungi dimasa pandemi covid-19. Salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan dimanapun anak berada.

"Diharapkan kepada orang tua selalu mengawasi anak-anaknya karena mereka sekarang cukup aktif. Batasi kegiatan yang keluar rumah dan pastikan selalu dalam pengawasan orang tua," kata Jafri.

Menurut Jafri, anak berkegiatan dalam rumah lebih baik, apalagi anak sebenarnya sudah belajar walaupun tidak bertatap muka langsung.

"Masalah pendidikan, mau tidak mau dikondisi seperti ini harus tetap dijalani, walau sistem daring. Agar mereka tidak tertinggal dalam pelajaran," ujar Jafri.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved