Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Tiga Orang Meninggal Dunia Terpapar Covid-19, Begini Riwayatnya  

Tiga orang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19, Jumat (23/7/2/2021) siang ini. Pasien pertama yang meninggal, pria berinisial HM (62) Warga Jalan

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Darwinsyah
Ilustrasi Pasien Covid-19 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Tiga orang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19, Jumat (23/7/2/2021) siang ini. Pasien pertama yang meninggal, pria berinisial HM (62) Warga Jalan Gang Paijan Desa Perawas. Pasien tersebut meninggal dunia sekitar Pukul 02.20 WIB di RSUD H Marsidi Judono Belitung.

Kemudian, pasien meninggal dunia kedua pria inisial HM (62) Warga Jalan Pantomo Kecamatan Selat Nasik. Pasien tersebut meninggal dunia sekitar pukul 03.05 WIB di ruang pusat deteksi RSUD.

Sedangkan untuk pasien  ketiga, pasien pria inisial RH (69) warga Jalan Aikketekok, Desa Aikketekok. Pasien yang sempat menjalani perawatan di Ruang Isolasi B itu, meninggal dunia sekitar Pukul 03.30 WIB.

"Ya subuh tadi ada tiga orang meninggal dunia. Kami sudah melakukan penanganan atau tindakan medis semaksimal mungkin, tapi pasien tidak bisa di selamatkan," kata Kabag TU UPT RSUD H Marsidi Judono Belitung, Ika Harniati kepada Posbelitung.co, Jumat (23/7/2021).

Khusus pasien HM, sudah menjalani rawat inap di RSUD sejak tanggal 15 Juli. Kali pertama datang ke RSUD, mengeluhkan sesak nafas selama dua hari, disertai batuk lemas, dan tidak nafsu makan.

"Hasil diagnosanya positif Covid-19, dan kami juga sudah melakukan swab PCR, hasil nya sama," ucapnya.

Kondisi pasien, Rabu (21/7/2021) semakin memburuk disertai gelisah, sesak berat dan penurunan saturasi oksigen, hingga, Kamis (22/7/2021) kemarin kondisi pasien mengalami penurunan kesadaran, tekanan darah menurun, peningkatan suhu, penurunan saturasi, dan pasien mengalami henti napas serta henti jantung.

"Dilakukan resusitasi namun tidak ada perbaikan. Hingga akhir nya pasien dinyatakan meninggal dunia," jelasnya.

Kemudian, untuk pasien MH terdeteksi terpapar Covid-19 dari pusat deteksi covid-19 RSUD sekitar Pukul 02.15 WIB. Kondisi pasien saat itu sudah mengalami penurunan kesadaran satu hari sebelum masuk ke rumah sakit.

"Pasien sudah di swab antigen, pasien di diagnosa terkonfirmasi covid-19 dari sebuah klinik swasta dua hari sebelumnya. Hingga pasien dinyatakan meninggal dunia," jelasnya.

Pasien ketiga meninggal dunia, pria inisial RH. Pasien ini masuk ke IGD covid-19 RSUD tertanggal 22 Juli, didiagnosa swab antigen positif terpapar Covid-19 dari rujukan klinik swasta.

RH sempat menjalani perawatan diruang isolasi B. Namun pada sore hari kemarin, kondisi pasien mengalami penurunan kesadaran, hingga dilakukan Inform consent kepada keluarga.

"Keluarga pasien waktu itu meminta untuk tidak dilakukan pijat jantung. Tengah malam tadi, sekitar Pukul 23.00 WIB pasien mengalami perburukan, penurunan saturasi, peningkatan suhu, penurunan tekanan darah, hingga Pukul 03.00 WIB pasien mengalami henti jantung dan dinyatakan meninggal dunia," katanya.

Sedangkan Pasien HM, NH dan RH merupakan pasien ke 107, 108 dan 109 meninggal dunia saat terpapar covid-19, terhitung dari bulan Maret 2020 lalu. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved