Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Sejak PPKM Diberlakukan Arus Kapal di Pelindo II Masih Lancar, Kepala KKP Kelas III Tunggu Arahan

Walau pemerintah telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), namun arus kapal dari dan ke Belitung, masih lancar. Hal ini di

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Gerbang masuk ke PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan, Minggu (25/7/2021). (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Walau pemerintah telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), namun arus kapal dari dan ke Belitung, masih lancar. Hal ini ditegaskan oleh General Manajer PT Pelindo II Tanjungpandan Belitung, Hambar Wiyadi, Minggu (25/7/2021).

Ia mengatakan, jika kapal mengangkut logistik yang masuk kategori esensial dalam Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021 tidak mengalami pembatasan.

Ia juga sempat menanyakan kepada awak kapal yang sandar di Dermaga Pelindo maupun Tanjung Ru hanya diberlakukan swab antigen.

"Arus kapal masih lancar seperti biasa, kalau logistik itu pengecualian harus tetap jalan. Kalau esensial seharusnya bisa jalan tidak ada pembatasan," ujarnya saat dihubungi Posbelitung.co , Minggu (25/7/2021).

Kementerian Perhubungan katanya pernah menerbitkan petunjuk teknis (Juknis) penyelenggaraan transportasi bagi pelaku perjalanan pada PPKM Darurat 3-20 Juli 2021.

Khusus transportasi laut wilayah Jawa dan Bali ketentuannya wajib menunjukan sertifikat vaksin dan hasil swab PCR negatif maksimal 2x24 jam atau swab antigen negatif maksimal 1x24 jam.

Sedangkan wilayah di luar Jawa Bali tidak harus menunjukan sertifikat vaksin dan swab PCR, hanya swab antigen tes acak di stasiun tertentu.

Sementara itu Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang Wilayah Kerja Tanjungpandan Belitung, Djauhari masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel terkait pemberlakukan PPKM Level 4, khususnya wilayah pelabuhan maupun bandara di Kabupaten Belitung.

Hal ini mengingat di Kabupaten Belitung belum terdapat layanan swab PCR untuk masyarakat umum.

"Sementara ini kami masih menunggu arahan dari provinsi. Karena swab PCR di Belitung ini belum ada," ujarnya kepada Posbelitung.co dihubungi terpisah, Minggu (25/7/2021).

Yang jelas menurutnya, untuk kapal penumpang memang belum beroperasi semenjak diberlakukan PPKM. Kemudian, untuk kapal yang mengangkut logistik juga terbilang jarang karena banyak pemilik barang menitipkan barangnya lewat mobil yang diangkut menggunakan kapal. "Semenjak PPKM ini kapal belum ada yang jalan dari Jakarta, kecuali KM Gurare itu pun tidak banyak," ungkapnya.

Sedangkan bagi penumpang yang jalur laut yang ingin menuju Jakarta biasanya transit di Pangkalpinang satu malam. Setibanya di Pangkalpinang mereka melakukan swab PCR sebagai persyaratan masuk Jakarta. "Karena persyaratan ke Pangkalpinang sementara ini masih antigen" katanya. (Posbelitung.co/Dede S)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved