Breaking News:

Investasi Rp118 Triliun 'Kota Spons' Tak Mampu Bendung Banjir China hingga Alami Kerusakan Parah

Padahal sebelumnya kota itu, sudah mati-matian dirancang untuk tahan banjir dan menyelamatkan China dari bencana 1.000 tahunan itu.

Editor: Edi Yusmanto
24h
Kondisi banjir di China. 

POSBELITUNG.CO - Saat ini China sedang babak belur dihajar bencana banjir terburuk di dunia.

Salah satu kota yang terdampak bajir bandang tersebut adalah Zhnegzhou.

Padahal sebelumnya kota itu, sudah mati-matian dirancang untuk tahan banjir dan menyelamatkan China dari bencana 1.000 tahunan itu.

Menurut 24h.com.vn, pada Minggu (25/7/21), Zhengzhou menginvestasikan 8 miliar dollar AS (Rp118 Triliun) dalam proyek kota spons.

Proyek yang dipercaya akan membuat air meresap dan meminimalkan dampak banjir di kota tersebut.

Sponge City atau kota spons adalah konsep pembangunan perkotaan yang berfokus pada pemanfaatan infrastruktur yang berkelanjutan.

Seperti ruang terbuka hijau dan lahan resapan air, yang membantu mengatasi hujan lebat, serta menambah air pada musim kemarau.

Selama bertahun-tahun, China telah membangun "kota spons" di banyak kota di seluruh negeri, termasuk kota Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan.

Namun kota itu justru mengalami banjir bersejarah dengan curah hujan dalam beberapa hari terakhir, 3 hari sama dengan setahun.

Kota Zhengzhou menginvestasikan 53,4 miliar yuan (Rp118 triliun) dalam proyek percontohan yang akan dijalankan dari 2017 hingga 2030.

Halaman
123
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved