Breaking News:

Arab Saudi Penjarakan Warga yang Berani Datang ke Indonesia, Ini Daftar Negara Dilarang Dikunjungi

Indonesia termasuk negara yang dilarang pemerintah Arab Saudi untuk dikunjugi oleh warganya. Bagi yang melanggar akan dihukum 3 tahun penjara

Editor: Hendra
AFP/SPA/Bandar Al-Jaloud
Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kiri) berbicara dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz di Istana Diriya di Riyadh selama KTT Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Minggu (9/12/2018). (AFP/SPA/Bandar Al-Jaloud) 

POSBELITUNG.CO, RIYADH -  Arab Saudi sangat tegas dan keras agar negaranya tak dimasuki virus corona atau covid-19.

Karenanya pemerintah Arab Saudi melarang keras bepergian ke negara-negara yang masuk daftar merah Covid-19.

Tercatat ada 13 negara yang dilarang pemerintah Arab Saudi untuk didatangi oleh warganya.

Bagi yang berani menentang aturan larangan tersebut, akan diganjar hukuman penjara selama 3 tahun.

Dikutip dari Reuters, Arab Saudi akan memberlakukan larangan perjalanan pada siapa saja warganya yang bepergian ke negara-negara di 'daftar merah' kerajaan di bawah upaya untuk mengekang penyebaran virus corona dan varian barunya, kantor berita SPA mengatakan pada hari Selasa.

Ini mengutip seorang pejabat kementerian dalam negeri yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan beberapa warga negara Saudi, yang pada Mei diizinkan bepergian ke luar negeri tanpa izin sebelumnya dari pihak berwenang untuk pertama kalinya sejak Maret 2020, telah melanggar peraturan perjalanan.

"Siapa pun yang terbukti terlibat akan dikenakan pertanggungjawaban hukum dan hukuman berat sekembalinya mereka, dan akan dilarang bepergian selama tiga tahun," kata pejabat itu.

Arab Saudi telah melarang perjalanan atau transit di sejumlah negara termasuk: Afghanistan, Argentina, Brasil, Mesir, Ethiopia, India, Indonesia, Lebanon, Pakistan, Afrika Selatan, Turki, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

"Kementerian Dalam Negeri menekankan bahwa warga negara masih dilarang bepergian secara langsung atau melalui negara lain ke negara bagian ini atau negara lain yang belum mengendalikan pandemi atau di mana jenis baru telah menyebar," kata pejabat itu.

Kerajaan, negara Teluk terbesar dengan populasi sekitar 30 juta, pada hari Selasa mencatat 1.379 infeksi COVID-19 baru, sehingga totalnya menjadi 520.774 kasus dan 8.189 kematian.

Itu didasarkan pada situasi terkini. Melihat infeksi harian turun dari puncak di atas 4.000 pada Juni 2020 menjadi di bawah angka 100 pada awal Januari.

Daftar Negara yang Dilarang Dikunjungi Warga Arab Saudi:

  1. Afghanistan
  2. Argentina
  3. Brasil
  4. Mesir
  5. Ethiopia
  6. India
  7. Indonesia
  8. Lebanon
  9. Pakistan
  10. Afrika Selatan
  11. Turki
  12. Vietnam
  13. Uni Emirat Arab

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tegas, Arab Saudi Ancam Hukuman Tiga Tahun Bagi Warganya yang Bepergian ke 13 Negara Zona Merah

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved