Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pelayanan Dukcapil Belitung Timur Tetap Jalan, Bagi yang Tak Berkepentingan Tunggu di Luar

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  termasuk beberapa tempat yang masih diperkenankan beroperasi yaitu kantor-kantor pelayanan masuk.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Dinas Dukcapil Belitung Timur Mugiarsono. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG --  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  termasuk beberapa tempat yang masih diperkenankan beroperasi yaitu kantor-kantor pelayanan yang masuk dalam sektor esensial terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Di Dukcapil Belitung Timur sendiri selama penerapan PPKM mikro maupun level 4 tetap membuka pelayanan pembuatan dokumen kependudukan seperti biasa.

Namun, saat ini dibatasi pegawai yang masuk hanya sebanyak 50 persen dengan sistem sehari masuk sehari libur.

Selain itu juga penerapan protokol kesehatan lebih ketat demi menekan penyebaran virus corona makin meluas.

"Jadi mulai pintu gerbang dijaga satpam, yang boleh masuk cuma yang berkepentingan. Yang tidak berkepentingan tunggu di luar," kata Kepala Dinas Dukcapil Belitung Timur Mugiarsono, saat dikonfirmasi Posbelitung.co, Rabu (28/7/2021).

Selain pengetatan prokes di luar ruang layanan, Mugiarsono juga mengurangi jumlah kursi tunggu bagi masyarakat di depan kantornya. Sisanya menunggu di bagian parkir yang dijadikan tempat antrian di luar ruang pelayanan.

"Untuk bangku di bagian pelayanan kita pakai nomor urut satu sampai tiga. Sementara yang lainnya nunggu di belakang agar tidak ada penumpukan," jelas Mugiarsono.

Dia mengatakan, sebenarmya masyarakat tidak perlu ke dukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan.

Cukup ke desa dan semuanya bisa diurus dari desa sehingga bisa mengurangi mobilitas yang jauh jika harus ke kantor Dukcapil.

"Cuma masyarakat merasa kalau belum ke Dukcapil belum puas," ungkap Mugiarsono.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved