Breaking News:

Berita Belitung

Pemkab Belitung Berikan Beasiswa, Kuota untuk 45 Mahasiswa, Belum Sampai 10 Orang yang Mendaftar

Bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa parsial dari Pemerintah Kabupaten Belitung masih terus dibuka hingga 1 September 2021 mendatang.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Ist
Ilustrasi program beasiswa 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa parsial dari Pemerintah Kabupaten Belitung masih terus dibuka hingga 1 September 2021 mendatang.

Hingga saat ini jumlah yang mengajukan masih kurang dari 10 pendaftar.

"Kalau kuotanya ada 45 orang, beasiswa parsial ini diberikan bagi mahasiswa asal Belitung yang sedang menempuh pendidikan S1 atau D-III di perguruan tinggi negeri maupun swasta," jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya, Rabu (28/7/2021).

Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa yang merupakan masyarakat Belitung berprestasi.

Untuk itu nanti dari berkas yang masuk, jika peminatnya banyak maka akan diseleksi berdasarkan indeks prestasi kumulatif (IPK). Jika lolos, maka setiap orang akan menerima bantuan pendidikan senilai Rp 10 juta.

Menurutnya, ada jeda waktu yang lama antara pengumuman dan batas akhir pengajuan berkas, sehingga waktu ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengumpulkan kelengkapan berkas persyaratan.

"Kami berharap semua yang mengajukan ini bisa ter-cover, mudah-mudahan yang daftar bisa dapat yang penting persyaratannya terpenuhi," kata  Hendra.

Ia menambahkan, beasiswa parsial seperti ini diberikan bagi masyarakat dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Belitung yang berprestasi.

Selain itu juga sebagai dukungan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga yang membutuhkan.

Beasiswa yang diberikan diharapkan bisa membantu menopang biaya pendidikan di perguruan tinggi.

Ada beberapa kriteria bagi pendaftar beasiswa parsial ini, yaitu terdaftar di Kartu Keluarga yang memiliki NIK Kabupaten Belitung, juga memiliki IPK minimal 3,0 bagi mahasiswa kampus terakreditasi A atau 3,25 pada kampus terakreditasi B maupun kampus di Belitung yang terakreditasi.

Hal tersebut dibuktikan dengan transkrip nilai semester 1 sampai terbaru, minimal dua semester yang dilegalisir perguruan tinggi. Juga dilengkapi fotokopi akreditasi jurusan dan perguruan tinggi.

Persyaratan lainnya dengan melengkapi surat keterangan bebas narkotika dan surat keterangan dari perguruan tinggi bahwa tidak menerima bantuan biaya pendidikan dari pihak lain. Serta didukung surat pernyataan bermeterai yang menyatakan tidak sedang menerima beasiswa atau belum menerima beasiswa dari Pemkab Belitung.

Kemudian surat pengajuan ditujukan kepada Bupati Belitung dan melampirkan fotokopi buku rekening mahasiswa.

Jika ada yang mengalami kendala atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait beasiswa ini juga bisa menghubungi Kepala Subbagian Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Belitung Alimuddin 0819 4920 8917.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved