Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Forkopimda Pantau Pusat Keramaian Penerapan PPKM Level IV, Berkerumun Langsung Swab di Tempat

Bupati Belitung Sahani Saleh bersama jajaran forkopimda turun langsung dalam operasi yustisi penerapan PPKM level IV pada Rabu (28/7/2021) malam.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Bupati Belitung Sahani Saleh beserta jajaran forkopimda melakukan operasi yustisi penerapan PPKM level IV, Rabu (22/7/2021) malam. (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh bersama jajaran forkopimda turun langsung dalam operasi yustisi penerapan PPKM level IV pada Rabu (28/7/2021) malam.

Rombongan menyisir titik keramaian malam di sekitaran Kota Tanjungpandan mulai dari KV senang, sepanjang Jalan Sriwijaya, Jalan Gatot Subroto hingga Jalan Air Kelubi.

Pengunjung yang kedapatan berkerumun dan tidak mengenakan masker di atas pukul 20.00 WIB langsung dilakukan swab di tempat.

Namun dari puluhan sample yang diswab hasilnya keseluruhannya negatif.

"Kami cek lapangan sebagaimana penerapan PPKM level IV. Memang pengecekan pertama ini kami masih memberikan imbauan," ujar pria yang akrab disapa Sanem itu kepada posbelitung.co.

Meskipun hanya bersifat imbauan, Sanem berharap para pelaku ekonomi khususnya pedagang dan rumah makan bisa mematuhi aturan yang tertuang dalam Edaran Bupati Belitung.

Diantaranya jam melayani pelanggan sampai pukul 20.00 WIB kemudian dari pukul 20.00 sampai 22.00 WIB tidak boleh melayani di tempat (take a way).

Ia menilai dari hasil pengecekan lapangan, masyarakat sudah mulai tertib meskipun belum 100 persen.

"Karena kalau tidak mematuhi aturan, penyebaran virus Covid-19 tidak pernah putus. Jangan sampai virus lama ini belum tuntas nanti masuk lagi varian baru yang lebih parah lagi," katanya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kesadaran masyarakat bisa lebih meningkat dalam penerapan 5M dan protokol kesehatan khususnya di pusat keramaian.

Setidaknya sampai dua pekan ke depan selama penerapan PPKM level IV sehingga angka penularan bisa berkurang.

Menurutnya pengecekan lapangan akan terus dilakukan selama penerapan PPKM level IV baik siang maupun malam hari. Termasuk upaya traking swab langsung di pusat keramaian.

Sanem juga meminta masyarakat yang menjalani isoman tetap disiplin sampai selesai dan pengawasan keluarga beserta pihak lainnya.

"Permintaan kami sebenarnya tidak banyak, kalau masyarakat disiplin prokes yakin lah bisa teratasi. Karena selama ini banyak anak muda imunnya kuat berkerumun terus pulang ke rumah menulari orang tua yang punya komorbid," katanya. (Posbelitung.co/Dede S)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved