Breaking News:

Berita Belitung

Predikat Kabupaten Layak Anak Belitung Tak Naik Kelas, Bupati Beberkan Penyebabnya

Predikat Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) Belitung tak naik kelas. Belitung masih mempertahankan predikat pratama.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Suasana ruang rapat Bupati Belitung saat menyaksikan penghargaan kabupaten/kota layak anak via daring, Kamis (29/07/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Predikat Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) Belitung tak naik kelas.

Setelah menyandang status KLA pratama pada 2019 lalu, Belitung masih mempertahankan predikat pratama.

Hal tersebut pasca diumumkan pada acara Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak via daring, Kamis (29/07/2021).

"Dari 2019 masih tetap penghargaan pratama, belum naik ke madya karena memang ada beberapa hal yang belum standar maksimal dari indikator pemenuhan hak anak," ungkap Bupati Belitung H Sahani Saleh.

Ia menyampaikan bahwa satu di antara penyebabnya karena belum semua kantor memiliki fasilitas ramah anak seperti area bermain dan tempat ibu menyusui.

Selain di area perkantoran, fasilitas seperti tempat ibu menyusui juga belum banyak tersedia di area publik seperti Pantai Wisata Tanjungpendam.

"Dari kriteria itu yang tidak bergerak, jadi (peringkatnya) tidak naik. Insya Allah tahun depan perlu menambah fasilitas," kata pria yang akrab disapa Sanem.

Pembangunan fasilitas ramah anak di ruang publik, lanjutnya sudah menjadi program pihaknya. Namun akibat Covid-19, banyak dana di-refocusing. Ketika kondisi pandemi berlalu, Sanem mengatakan anggaran akan dialihkan untuk menambah sarana prasarana bagi anak. Di samping itu, terkait pemenuhan hak anak seperti pendidikan dan kesehatan, ia optimistis semuanya berlangsung secara baik.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung Nurman Sunata.

Dalam mencapai peringkat yang lebih tinggi dalam KLA, menurutnya ada beberapa kriteria kantor ramah anak yang harus dipenuhi oleh organisasi perangkat daerah (OPD).

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved