Breaking News:

Berita Belitung

Tumpang Tindih Lahan di Geosite Open Pit, Bupati Belitung Timur Minta Jangan Saling Ego

Bupati Belitung Timur Burhanudin menanggapi isu tumpang tindih lahan yang saat ini jadi masalah di salah satu geosite Geopark Belitong.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bupati Belitung Timur Burhanudin menanggapi isu tumpang tindih lahan yang saat ini jadi masalah di salah satu geosite Geopark Belitong.

Burhanudin mengatakan, harus ada pengertian dan sinergisitas dari seluruh pihak.

Dia mengatakan di satu sisi ada izin menambang yang dikeluarkan kementerian, namun di sisi lain pihak perusahaan juga sudah memberi ruang seluas enam hektar untuk pengelolaan terhadap geosite tersebut.

"Gimana peran swasta mendukung geopark yang ada di situ. Ada izin pengelolaan kawasan hutan diberikan waktu sampai sekian tahun. Setelah selesai baru diperkuat lagi. Sekarang ini mari bersinergis. Tanpa ego masing-masing. Satu sisi punya hak di situ, sisi lain kita dapat konsesi dari UNESCO," kata Burhanudin ditemui Posbelitung.co di ruangannya, Kamis (29/07/2021).

Kunci masalah ini menurutnya yaitu harus berkolaborasi antara peran yang dimainkan swasta, BP Geopark, dan komunitas dalam memanfaatkan geosite ini.

Ia memandang masalah lahan ini tidak akan berpengaruh terhadap status UGG Belitong, karena dua pemerintah daerah diberikan wewenang untuk mengelola itu.

"Di sini saya mengajak semua pihak agar jangan ego-egoan. Mari kita bersinergis tak bisa hanya pemerintah saja yang gerak tanpa dorongan pihak lainnya," pesan Burhanudin.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved