Breaking News:

News Video

Video - Batu Satam Unik, Bentuknya Mirip Pulau Belitung dan Bangka

Satam telah menjadi ikon serta buah tangan khas Pulau Belitung. Miniaturnya juga telah dibangun di pusat Kota Tanjungpandan.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Jaryanto
Pos Belitung/Disa Aryandi
Batu Satam unik berbentuk menyerupai Pulau Bangka dan Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Siapa belum mengenal batu Satam Pulau Belitong? Batu meteor hitam mengilap tersebut punya berbagai keunikan, mulai dari guratan-guratan khas hingga bentuknya yang tidak beraturan.

Satam telah menjadi ikon serta buah tangan khas Pulau Belitung. Miniaturnya juga telah dibangun di pusat Kota Tanjungpandan.

Mengulik bentuk yang unik, pengrajin satam, Firman Zulkarnen pernah memilikinya. Batu itu menyerupai Pulau Belitung.

"Itu sekitar lima tahun lalu. Saya tidak sadar karena waktu itu banyak batu (satam), terus setelah diteliti satu per satu, dari puluhan batu yang saya gosok ada yang berbentuk Pulau Belitong," kata lelaki yang akrab disapa Firman Satam itu kepada posbelitung.co, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, batu berdiameter sekitar 20 milimeter (mm) tersebut sudah berpindah tangan. Pembelinya berasal dari Jakarta. Namun meski dihargai jutaan rupiah, Firman mengaku menyesal telah melegonya karena tidak akan mendapatkan lagi yang seperti itu.

"Awalnya saya tidak ingin menjual karena sayang. Tiga tahun saya pegang batu itu, dari alam sudah berbentuk Pulau Belitong," ujar warga Jalan Dahlan, Kelurahan Pangkal Lalang, Tanjungpandan ini.

Bila Firman pernah punya satam Pulau Belitung, temannya bernama Rudi memiliki satam berbentuk Pulau Bangka. Adapun ukurannya yakni panjang 57 mm dan lebar 29 mm.

Sang pemilik yang merupakan ASN Pemkab Belitung ini mengaku baru sepekan memegangnya. Ia membeli dari sahabatnya.

"Awalnya saya tidak sadar, karena banyak kami belinya. Setelah beberapa hari saya lihat satu per satu, ternyata batu yang ini berbentuk Pulau Bangka. Kalau ada yang mau beli saya jual lagi," kata Rudi.

Ia tidak mengetahui pasti dimana batu Satam bentuk Pulau Bangka itu kali pertama ditemukan, lantaran sudah dimiliki beberapa orang sebelum dirinya.

"Tapi ini original, murni dari alam dan bukan dibentuk-bentuk. Ya benar kata pak Firman, kalau misalkan yang satam Pulau Belitong masih ada, bisa sepasang istilahnya," ucap Rudi. (posbelitung.co/disa aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved