Breaking News:

Info Kesehatan

Mulai Dari Sekarang Sebelum Terlambat! Cegah Penyakit Jantung dengan Rutin Makan Serat Utuh

Serat utuh merupakan sumber karbohidrat yang dianjurkan karena memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Editor: Rusaidah
Freepik.com
Oat atau gandum memiliki sifat antioksidan yang mampu menjaga kulit kepala. 

POSBELITUNG.CO - Banyak manfaat dengan mengonsumsi serat utuh seperti gandum.

Konsumsi gandum banyak dikaitkan dengan berkurangnya ukuran pinggang, tekanan darah dan kadar gula darah yang lebih rendah.

Serat utuh merupakan sumber karbohidrat yang dianjurkan karena memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Hal tersebut seperti yang tertuang dalam Penelitian terbaru di The Journal of Nutrition.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (30/7/2021) manfaat ini ditemukan pada orang dewasa paruh baya yang makan minimal tiga porsi gandum utuh sehari.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti membandingkan bagaimana gandum utuh versus konsumsi gandum olahan akan mempengaruhi berbagai faktor risiko penyakit jantung seperti lingkar pinggang, tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kolesterol HDL.

Para peneliti menggunakan data dari Framingham Heart Study Offspring Cohort yang dimulai pada 1970-an untuk menilai faktor-faktor risiko ini.

Ada 3.121 orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebagian besar berkulit putih, dengan usia rata-rata di pertengahan 50-an. Para peneliti melihat hasil kesehatan peserta selama rata-rata 18 tahun untuk menentukan apa efek yang dimiliki gandum utuh dan gandum olahan.

Menurut ahli nutrisi Mary-Jon Ludy, PhD, gandum utuh sangat disarankan karena mengandung semua bagian yang dapat dimakan seperti dedak, biji, dan endosperma.

Apabila gandum dimurnikan atau disaring, dedak yang kaya serat dan biji yang kaya nutrisi dihilangkan. Yang tertinggal adalah endosperma, terutama karbohidrat bertepung dan sejumlah kecil vitamin dan mineral.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved