Breaking News:

Berita Belitung Timur

Tim Gabungan Lakukan Swab Acak di Puluhan Warkop di Manggar, 6 Orang Ditemukan Positif Covid-19

Tim Gabungan Forkopimda Belitung Timur turun ke warkop-warkop di Kota Manggar untuk mengeswab antigen acak terhadap warga yang nongkrong di sana.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Suasana pelaksanaan swab antigen acak di salah satu warung kopi di Manggar, Jumat (30/7/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bertujuan meminimalisir penyebaran covid-19 di masa PPKM Level 4, Tim Gabungan Forkopimda Belitung Timur turun ke warkop-warkop di Kota Manggar untuk mengeswab antigen acak terhadap warga yang nongkrong di sana.

Bupati Burhanudin mengatakan akan terus melakukan tracking dan tracing kepada masyarakat yang berkerumun di warung-warung kopi. Hal ini menurutnya supaya bisa cepat mengetahui siapa-siapa yang positif dan penanganannya lebih tepat.

"Hari ini kita telah melihat bukti bahwa ada enam orang positif Covid-19, dua pegawai dan empat pengunjung warung kopi terpapar. Minta tolong kepada masyarakat jangan mendatangi tempat yang membuat efek negatif terhadap kesehatan, anak istri menunggu di rumah," kata Burhanudin, Jumat (30/7/2021).

Burhanudin bilang pemerintah bakal serius menangani Covid-19 ini dengan melakukan tracking secara masif ke depannya. Ia juga mohon kerjasama masyarakat untuk jangan berkerumun dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Menurutnya penularan Covid-19 saat ini sudah sangat masif dan dicurigai varian baru Covid-19 penularannya sangat mudah sehingga banyak kasus positif belakangan ini.

"Ini harus jadi catatan penting kita. Bahwa jangan anggap remeh Covid-19, percaya bahwa Covid-19 itu ada, dan terapkan protokol kesehatan secara benar," pesan Burhanudin.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Supeni mengatakan pihaknya mengetes sebanyak 146 orang melakukan swab antigen acak hari ini.

"Hari ini bersama yang lain berpatroli bersama secara dadakan supaya memberi efek jera kepada masyarakat agar tidak berkerumun di warung kopi. Dengan ini harapannya bisa mencegah penularan covid-19 di Kota Manggar yang sangat masif," harap Supeni seraya mengatakan enam orang yang positif ini akan menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu, pemilik Warung Kopi Ali bernama Ali yang terkena swab acak mengaku terkejut dengan adanya kegiatan dadakan ini. Dia mengatakan walaupun terkejut, dia tak merasa takut karena ia yakin sudah menerapkan protokol kesehatan yang baik di warung kopinya yang berlokasi di Pasar Manggar itu.

"Syukurnya tadi semua yang diswab, baik pengunjung dan pemilik tidak ada yang positif," kata Ali.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Wabup Khairil Anwar, Ketua DPRD Fezzi Uktolseja, Kajari Abdur Kadir, Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Mustofa Akbar, Kapolres AKBP Jojo Sutarjo, Dan Pos AL Peltu Agus Hartanto, Dan Pos AU diwakili Sertu Supriyadi, Plt Camat Manggar Abdul Rachim, Kasat Pol PP Beltim Zikril, Kapolsek Manggar Iptu Saragih, dan Plt BPBD Kab.Beltim Surya Mulyana.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved