Breaking News:

Berita Belitung Timur

Belitung Timur Akan Punya Rumah Sakit Jiwa, Burhanudin: Mereka Juga Harus Diperhatikan

Bupati Belitung Timur Burhanudin berencana bakal mengusulkan pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di wilayah yang ia pimpin itu tahun depan.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
posbelitung.co
Bupati Belitung Timur Burhanudin saat ditemui posbelitung.co di ruang kerjanya, Kamis (8/7/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Timur Burhanudin berencana bakal mengusulkan pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di wilayah yang ia pimpin itu tahun depan.

Menurutnya fasilitas kesehatan berupa RSJ sangat diperlukan dalam menangani orang-orang dengan gangguan jiwa berat maupun sedang.

Dia menginginkan fasilitas kesehatan bagi rakyatnya dirasakan oleh semua kalangan, termasuk bagi para ODGJ.

Burhanudin bilang ODGJ juga manusia yang membutuhkan perlindungan serta pengayoman oleh pemerintah maupun keluarga.

“Pulau Belitung ini selama ini tidak ada RSJ sedangkan ODGJ kita di Beltim makin meningkat setiap tahunnya,” kata Burhanudin belum lama ini.

“Sejauh ini pasien ODGJ kita bawa ke Sungailiat namun kalau di sana keluarga sulit mengakses dan tentu biaya lebih banyak.”

“Karena itulah saya berpikir bagaimana kalau kita membangun RSJ di Belitung Timur. Insyaallaah kita akan mengusulkan di tahun depan,” kata Burhanudin lagi.

Dia berencana akan membangun RSJ itu di lahan yang sekarang berdiri Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat di Selinsing, Gantung.

Dengan adanya RSJ ini, pasien ODGJ di Beltim maupun dari Belitung bisa masuk sehingga bisa mendapat penananganan kesehatan yang lebih cepat.

Ia juga mengaku sedang menggodok kerjasama dengan UPTD Panti Sosial Bina Laras Hijrah Dinsos Provinsi Kepulauan Babel.

Nantinya, bagi para pasien ODGJ yang sudah selesai mendapat pengobatan di RSJ akan dimasukkan ke panti tersebut untuk melatihnya sebelum benar-benar kembali ke lingkungan masyarakat.

Untuk itu dirinya berharap usulan pendirian RSJ Belitung Timur ini nantinya bisa disetujui oleh Pemerintah Pusat.

“Mereka juga butuh perhatian, pengayoman dari kita, mudah-mudahan disetujui. Kan dulu kita sudah ada pengusulan itu, tapi waktu itu ditolak karena tidak ingin citra Belitung Timur buruk. Nah sekarang tidak perlu lagi ditolak karena kita memang butuh RSJ, dari pada mereka berkeliaran, lebih baik kita tampung dengan baik,” tutupnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved