Breaking News:

CPNS Bangka Belitung 2021

985 Pelamar CPNS dan PPPK di Belitung Timur Tak Lulus Administrasi, Ini Penyebabnya

Sebanyak 985 orang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi dalam pendaftaran CPNS dan PPPK-non guru di Belitung Timur tahun 2021.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Belitung Timur Yuspian 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sebanyak 985 orang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi dalam pendaftaran CPNS dan PPPK-non guru di Belitung Timur tahun 2021.

Sejumlah orang tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat alias TMS setelah dilakukan verifikasi oleh tim verifikator BKPSDM Belitung Timur.

Kepala BKPSDM Belitung Timur Yuspian menyatakan banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pelamar dalam proses pendaftaran.

Ia menyebutkan kesalahan paling banyak terdapat pada kekurangan dokumen yang diunggah. Dalam persyaratan CPNS, dokumen surat pernyataan ada dua jenis namun kebanyakam hanya mengunggah satu saja.

"Selain itu kami juga menemukan ada sekitar 200 pelamar yang menggunakan materai hasil unduh dari google. Ada juga yang satu materai dipakai beramai-ramai. Ini tidak kami loloskan karena berarti melakukan pemalsuan dokumen," kata Yuspian saat ditemui di kantornya, Senin (2/8/2021).

Selain itu, kesalahan lain yaitu ada pelamar yang mengunggah foto tidak sesuai dengan ketentuan. Persyaratan pas foto adalah berbaju putih dan berlatar merah, sedangkan kerudung hitam bagi yang mengenakan.

Yuspian menilai, banyak yang masih menggunakan latar selain merah dan tidak berbaju putih ataupun menggunakan kerudung berwarna selain hitam.

"Namun jika bajunya ada corak yang tidak menghilangkan esensi putihnya tetap kami loloskan," kata Yuspian.

Dia mengatakan bagi yang tidak lulus seleksi administrasi masih ada kesempatan untuk menyanggah dan memperbaiki yang tidak substansial. Masa sanggah sendiri dijadwalkan selama tiga hari dari pengumuman administrasi.

Pelamar yang ingin melakukan sanggah bisa mendatangi kantor BKPSDM Belitung Timur ataupun menghubungi kontak helpdesk +62 812-7671-6868.

"Masa sanggah dimulai dari 4-6 Agustus 2021. Jadi di tanggal tersebut lah bagi yang mau komplain atas hasil seleksi administrasi. Prinsipnya akan kami tampung semua sanggahan beserta rasionalisasinya," kata Yuspian.

Dengan begitu, peserta yang berhasil lulus seleksi administrasi pada seleksi CPNS dan PPPK-non guru tahun ini di Belitung Timur adalah 2.100 pelamar.

Angka tersebut belum termasuk PPPK guru yang langsung ditangani oleh Kemendikbud RI.

"Mengenai tes SKD kemungkinan besar sesuai jadwal yang telah ditentukan. Karena jadwalnya kan ada rentang waktu yang lebar," kata Yuspian. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved