Breaking News:

Berita Belitung

Darmansyah Nilai Sinkronisasi Program Pusat dan Daerah Sangat Penting untuk Kesehatan dan Ekonomi

Darmansyah Husein mengatakan sinkronisasi program daerah dengan pemerintah pusat sangat penting agar daerah

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Reses Senator Darmansyah Husein yang dihadiri oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin, Wakil Bupati Khairil Anwar, Kepala Bappelitbangda Bayu Priyambodo, Asisten Khaidir Lutfi, dan Kabag Ekbang Hendri Yani, Senin (2/8/2021) di Ruang Rapat Bupati. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Anggota DPD RI Dapil Kepulauan Bangka Belitung Darmansyah Husein mengatakan sinkronisasi program daerah dengan pemerintah pusat sangat penting agar daerah juga mengetahui program-program nasional apa yang bisa dikucurkan ke daerah.

Hal itu ia sampaikan dalam resesnya yang dihadiri oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin, Wakil Bupati Khairil Anwar, Kepala Bappelitbangda Bayu Priyambodo, Asisten Khaidir Lutfi, dan Kabag Ekbang Hendri Yani, Senin (2/8/2021) di Ruang Rapat Bupati.

Darmansyah menilai dalam masa Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) saat ini pemerintah daerah harus bisa memahami program apa yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakatnya. Terutama, lanjutnya, dalam menuntaskan pandemi virus corona yang saat ini makin melonjak di Belitung Timur.

“Kapan covid-19 ini akan berakhir kita tidak tahu tapi kita harus tetap hadapi ini, kita siapkan anggarannya termasuk 2022 juga kita harus siapkan alokasi anggaran untuk 2 (dua) sektor ini, penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata senator itu ditemui posbelitung.co seusai acara.

Dia menekankan bahwa perbaikan ekonomi dan penanganan kesehatan harus berjalan beriringan. Menurutnya, jika hanya satu yang jalan maka bisa goyah alias tidak kokoh untuk keberlanjutan ke depannya.

Untuk itu, dia ingin Pemkab Beltim mencari formula yang tepat dalam menyelaraskan antara penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi. Hal ini supaya nantinya tidak terjadi gesekan di masyarakat dan bisa berjalan optimal.

“Harus cerdas kita berpikirnya jangan sampai pemulihan ekonominya justru merusak upaya kita untuk menangani covid-19. Mentang-mentang mau memulihkan ekonomi nasional kita membuat acara yang membuat kerumunan orang, jadi kontradiktif. Jadi kegiatannya pun harus dipikirkan matang agar tidak menimbulkan dampak pada penyebaran wabah ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar menyatakan jika Pemkab Beltim sudah di jalur yang benar dan sedang berupaya menyelaraskan antara ekonomi dan kesehatan.

“Namun ini harus dilakukan semua pihak. Dalam penanganan covid-19 misalnya, ini bukan milik Pemda saja. Jadi mau tidak mau suka tidak suka masyarakat harus memainkan peranannya juga. Harus ada niat baik membantu upaya pemerintah menangani covid-19 ini. Bagaimana kesadaran menjaga kesehatan agar tidak menularkan kepada keluarga mereka dan sebagainya,” jelas Khairil.

Terkait upaya pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi ini disebutnya, Pemkab Beltim akan terus memacu perkembangan ekonomi kreatif dan penyerapan tenaga kerja di daerah yang ia pimpin sembari meminta dukungan penuh Pemerintah Pusat.

“Kalau dalam pemulihan ekonomi, seperti telah disampaikan Pak Bupati bahwa Beltim ini akan menuju pengembangan ekonomi kreatif, harus kita pacu itu. Selain itu juga perluasan kesempatan kerja masyarakat akan terus kita upayakan, sektor mana saja yang perlu kita angkat, berapa tenaga kerja yang bisa diserap, hingga di sektor UMKM berapa juga. Nah, semua itu harus memiliki konsep yang jelas. Kalau pusat itu intinya kalau lahan dan masyarakatnya clean and clear mereka siap bantu apapun,” kata Khairil.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved