Breaking News:

Berita Belitung

Pasangan Calon Pengantin Bisa Daftar Nikah via Online, Kemenag Permudah Proses Menikah

Calon pengantin (catin) bisa mendaftar via online atau daring agar mengurangi interaksi dimasa pandemi Covid-19 melalui laman simkah.kemenag.go.id.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Eltjandring
Pixabay
Ilustrasi pernikahan - Calon pengantin (catin) bisa mendaftar via online atau daring agar mengurangi interaksi dimasa pandemi Covid-19 melalui laman simkah.kemenag.go.id. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Binmas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Ahmad Tibroni mengatakan pihaknya tak mempersulit proses menikah.

Bahkan, calon pengantin (catin) bisa mendaftar via online atau daring agar mengurangi interaksi dimasa pandemi Covid-19 melalui laman simkah.kemenag.go.id.

"Ini untuk memudahkan catin, sehingga mereka bisa mendaftar, menentukan tanggal, dan mengunggah berkas-berkasnya," kata dia, Senin (2/8/2021).

Melalui laman tersebut, catin bisa memilih KUA tempat dilaksanakannya akad nikah dan memilib waktu menikah.

Selanjutnya mengunggah berkas-berkas seperti surat pengantar nikah dari desa/kelurahan, identitas diri, pas foto dan sebagainya.

Baca juga: Sosok Felix Djimin, Suami Greysia Polii Jarang Terekspos, 4 Tahun Pacaran Menikah Akhir Tahun Lalu

Setelahnya, bukti fisik berkas yang diunggah juga diserahkan ke KUA kecamatan. Lalu catin menunggu konfirmasi pelaksanaan akad nikah dari pegawai KUA.

Menurutnya, selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Belitung, pelayanan akad nikah tetap berlangsung seperti normal. Karena yang dibatasi pemerintah daerah untuk kegiatan resepsi saja.

Namun sesuai SE Menteri Agama, pelaksanaan akad nikah tetap harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Bila Kontak dengan Pasien Covid-19, Lakukan 3 Langkah Antisipatif Ini

Termasuk membatasi jumlah keluarga yang menyaksikan proses akad nikah maksimal 10 orang atau menyesuaikan dengan kapasitas tempat agar tidak berkerumun.

Dalam mempermudah pelayanan bagi catin, hingga saat ini Kemenag Belitung belum mensyaratkan sertifikat vaksinasi Covid-19 untuk pasangan yang akan menikah.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved