Breaking News:

Berita Belitung

Pendaftaran BPUM Tahap 3 Dibuka, Cek Persyaratan Biar dapat Bansos Rp1,2 Juta

Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung kembali membuka pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Koordinator BPUM Belitung Fita Elyana 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung kembali membuka pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021 tahap ketiga pada 3-11 Agustus.

Pendaftar yang diterima nantinya bisa mendapatkan bantuan senilai Rp1,2 juta diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang belum pernah sama sekali mendaftar bantuan tersebut.

"Yang sudah mendaftar, terlepas itu sudah cair atau belum, diterima atau tidak karena itu tergantung wewenang kementerian, tidak boleh lagi," jelas Koordinator BPUM Belitung Fita Elyana, Senin (2/8/2021).

Untuk mendaftarkan bantuan ini, pelaku usaha harus menyampaikan persyaratan seperti fotokopi KTP dan kartu keluarga, menyampaikan berkas izin usaha mikro kecil (IUMK) dari kecamatan. Serta melampirkan foto lokasi usaha dan foto produk. 

Persyaratan itu diserahkan ke gedung PLUT UMKM di Jalan Bambang Utoyo Kelurahan Parit, Tanjungpandan selama jam kerja mulai pukul 8.00-15.00 WIB.

Ia menjelaskan, pemanfaatan BPUM harus digunakan untuk modal kerja sarana pengembangan usaha dan penyelamatan usaha.

Penerima BPUM juga disyaratkan bukan ASN/TNI/Polri, pelaku UKM tidak ada KUR (kredit usaha rakyat) dari perbankan.

Selain itu juga usaha masih produktif dan pelaku usaha mikro dengan omzet penjualan di bawah Rp300 juta per tahun.

Menurutnya, tidak ada kuota tertentu untuk pendaftar BPUM ini. Siapapun yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar. Lalu data tersebut akan disampaikan ke dinas KUMKM provinsi kemudian ke kementerian KUKM untuk diverifikasi.

"Kalau potensi pendaftar akan lebih kecil, karena tahap pertama sudah ada 1.466 pendaftar dan tahap kedua 795 orang, berkurang setengahnya," lanjut Fita.

Terkait realisasi penyaluran BPUM 2021 tahap pertama, saat ini baru sebagian yang sudah dicairkan.

"Kami masih menunggu konfirmasi perbankan dari BRI dan BNI. Siapa yang dapat dan belum ada informasi lebih lanjut, kami saat ini memang sedang proses rekonsiliasi data," kata Fita.

Sementara BPUM tahap kedua hingga saat ini belum ada pencairan. Kemungkinan bantuan Rp1,2 juta itu akan cair sekitar pertengahan atau akhir Agustus 2021 ini.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved