Breaking News:

Berita Belitung

Capaian Vaksinasi di Belitung Timur Baru 16 Persen, Wagub Nilai Keterbatasan Stok Jadi Penghambat

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur per Selasa (3/8/2021) baru 16 persen

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah didampingi Burhanudin, Khairil Anwar, dan Fezzi Uktolseja saat memberikan keterangan usai rakor percepatan vaksinasi di Beltim, Selasa (3/8/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur per Selasa (3/8/2021) baru 16 persen dari jumlah penduduk sasaran yang sudah divaksinasi covid-19.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menilai angka ini masih rendah.

Ia juga mengatakan daerah lain di Bangka Belitung juga cenderung sama dengan Belitung Timur.

Untuk itu dia akan mendorong pemerintah pusat agar mendistribusikan vaksin yang lebih banyak supaya lebih cepat tercapai herd immunity.

Hal itu ia sampaikan seusai mengikuti rapat koordinasi percepatan vaksinasi dengan Pemkab Belitung Timur di Ruang Bupati, Selasa (3/8/2021).

Dikatakannya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama kabupaten/kota berkomitmen memacu program vaksinasi covid-19.

Ia melihat antusias masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin namun keterbatasan stok yang jadi penghambat.

Fatah mengatakan, mekanisme pendistribusian vaksin dimulai dari kementerian kesehatan kepada provinsi. Setelah itu, provinsi kembali mendistribusikan secara proporsional kepada kabupaten/kota masing-masing.

"Data pembagian tersebut sudah langsung ditentukan dari kementerian. Oleh karena itu, ketika alokasi yang sudah ditentukan dari Kemenkes ke Kabupaten kota kuotanya tidak sama maka ini jadi persoalan," jelas Fatah.

Menurut Fatah, Kepulauan Bangka Belitung memiliki target capaian nasional vaksinasi sekitar 50 persen. Namun kenyataannya, hal tersebut belum sesuai harapan.

"Oleh karena itu, perlu mendorong agar cepat berkomunikasi dan koordinasi kepada Kementerian agar perlakuan kepada daerah, jangan hanya memperhatikan daerah di luar sumatera tapi paling tidak sebanding atau cukup menyamai vaksinasi di pulau jawa," harap Fatah.

Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan pihaknya bakal terus menggenjot vaksinasi bagi masyarakat. Namun karena stok yang terbatas jadi masyarakat harus menunggu lebih lama lagi.

"Kita tidak diam. Tenaga kesehatan tetap melakukan vaksinasi bagi sasaran-sasaran utama, seperti lansia dan saat ini sudah menyasar pada anak-anak. Kita akan gencarkan ini supaya kekebalan komunitas masyarakat kita bisa tercapai," kata Burhanudin.

Rapat koordinasi percepatan vaksinasi ini diikuti oleh Wakil Bupati Khairil Anwar, Ketua DPRD Fezzi Uktolseja, Kadinkes Muhamad Yulhaedir, dan undangan lainnya.
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved