Breaking News:

News Video

Ikan Betok Nyangkut di Tenggorokan Syamsudin Selama 15 Jam, Kondisinya Sempat Kritis

Dari keterangan pihak keluarga, mulanya korban datang ke tempat pemancingan dengan membawa beberapa joran.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Jaryanto
tangkapan layar
Pemancing bernama Syamsudin (32) asal Desa Palajau, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan dilarikan ke rumah sakit karena ikan betok nyangkut di tenggorokan. 

POSBELITUNG.CO - Seorang pemancing bernama Syamsudin (32) asal Desa Palajau, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, mengalami kejadian cukup aneh. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit, lantaran kondisinya kritis.

Yang membuatnya kritis, tenggorokan Syamsudin tersangkut ikan papuyu atau ikan betok. Ikan papuyu tersebut diketahui masuk ke mulutnya dan bertahan selama 15 jam di tenggorokan Syamsudin.

Akibatnya, tenggorokan korban mengalami luka parah, akibat sirip ikan tersebut.

Dikutip dari Banjarmasinpost.co.id, insiden tersebut terjadi saat Syamsudin memancing, Kamis (22/7/2021) sekitar pukul 14.00 Wita.

Dari keterangan pihak keluarga, mulanya korban datang ke tempat pemancingan dengan membawa beberapa joran. Ketika di tempat pemancingan, satu joran pancing mendapatkan ikan papuyu.

Ia pun melepaskan ikan tersebut dari kail, kemudian menyusul joran lainnya yang juga dipatuk ikan dan langsung dikeluarkan dari air.

Rupanya, saat menangani joran kedua, tangan Syamsudin masih memegang ikan papuyu dari joran pertama.

Karena kedua tangannya disibukan untuk mengambil ikan pada pancingan kedua, ikan papuyu yang sebelumnya dipegang pun, sementara ia gigit.

Lantaran digigit, ikan tersebut berontak dan masuk ke mulut hingga tersangkut ke tenggorokan Syamsudin.

Ia kemudian dilarikan ke RSUD Balangan untuk mendapatkan penanganan pada Kamis (22/7/2021) malam.

Arif selaku dokter RSUD Balangan mengatakan, kondisi pasien saat datang ke rumah sakit melemah karena ikan tersebut bersarang hingga 15 jam ditenggorokan Syamsudin.

Akibatnya, ia harus menjalani penanganan serius dari tim medis. Tim medis mengeluarkan papuyu dari tenggorokan pasien dari Kabupaten Balangan ini dengan cara memotong sirip. Alhasil, setelah dikeluarkan, papuyu itu tidak lagi dalam kondisi utuh.

Pasca operasi, kondisi Syamsudin kini berangsur membaik dan bisa melewati masa kritis.

Sebagai informasi, ikan papuyu merupakan jenis ikan yang memiliki sirip berduri pada sisi kiri dan kanannya. (Banjarmasinpost.co.id/Posbelitung.co)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan berjudul “Papuyu Berduri Tersangkut di Tenggorokan Pemancing Asal Balangan Kalsel Telah Dikeluarkan”

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved