Breaking News:

Berita Belitung

Alfian: Pelajar Kelas Rendah SD Mengalami Lost Learning  

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Belitung Timur (Beltim), Alfian mengatakan, sejak Tahun 2020 pelajar SD yang duduk di kela

Penulis: Suharli | Editor: Fery Laskari
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI: Siswa SD 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Belitung Timur (Beltim), Alfian mengatakan, sejak Tahun 2020

pelajar SD yang duduk di kelas dua maupun kelas tiga adalah anak-anak yang mengalami lost learning  atau kehilangan kemampuan belajar. 

"Kami mendapatkan banyak keluhan dari guru maupun orang tua terkait kondisi anak di kelas rendah ini.

Yang mana memang seperti kita ketahui, anak kelas rendah (kelas 1SD - 3 SD) masih tetap ada anak yang dari sisi kemampuan baca tulis hitung masih terlalu rendah," ujar Alfian, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, kemampuan baca tulis hitung khusus pelajar kelas satu jenjang SD memang menggunakan beberapa cara yang ditetapkan melalui kebijakan sekolah. 

"Dalam hal ini kami sangat mendorong bagi guru di kelas rendah, keaktifan dari mereka.

Ada beberapa sekolah yang sampai sekarang sudah melakukan tatap muka sangat terbatas khusus kelas satu, dua dan tiga bagi anak-anak yang kemampuan calistung masih rendah," sebut Alfian.

Alfian memastikan upaya mendorong guru hanya sebatas imbauan lisan alias tanp edaran tertulis.

Bagi sekolah-sekolah yang akan melaksanakan tatap muka terbatas juga diwajibkan berkoordinasi terlebih dahulu ke Dinas Pendidikan.

"Ada syarat-syaratnya tentu tidak lepas dari masalah protokol kesehatan dan kesepakatam antara Kepsek bersama guru beserta komite sekolah dan orang tua," kata Alfian.

Yang jelas, ketika orang tua tidak mengizinkan, guru tidak bisa memaksa.

Tetapi guru tetap memberikan tugas sesuai dengan tematik melalui daring ataupun grup WA.

Dia menambahkan ketika pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut, tentunya Dinas pendidikan akan segera membuka kembali tatap muka di sekolah secara resmi. 

"Melalui cara dan metode maupun jam pelajaran yang sudah kita atur sesuai panduan Tahun Pelajaran 2021-2022," katanya. (Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved