Dirut Bukit Asam Sebut Menambang Tidak Merusak Lingkungan Tapi Bikin Lingkungan Lebih Baik

Aktivitas pertambangan juga menyerap tenaga kerja cukup besar yang akhirnya mensejahterakan masyarakat di sekitar area tambang.

Editor: Hendra
Screenshot
Direktur Utama PT Bukit Asam (Persero) Suryo Eko Hadianto 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Aktivitas pertambangan kerap mendapat penolakan dari masyarakat.

Pasalnya aktivitas pertambangan baik di daratan maupun di laut mengakibatnya kerusakan lingkungan.

Tapi rupanya berbeda pandangan dengan Direktur Utama PT Bukit Asam (Persero) Suryo Eko Hadianto.

Ia menyebut pertambangan bukan merusak lingkungan tetapi menciptakan peradaban baru yang lebih baik di masa depan.

"Tambang itu berguna bagi lingkungan, tambang itu membangun peradaban, tambang bangun kesejahteraan, dan justru tambang membangun masa depan lebih baik," ujar Eko saat Webinar yang digelar Tribunnews.com bertema 100 Anak Tambang Menulis untuk Bangsa, Rabu (11/8/2021).

Menurutnya, kegiatan pertambangan hanya merubah rona atau permukaan awal dan kemudian menggali ke dalam, seperti bentuk bola terus dilubangi ke arah dalam.

"Itu menambang, tapi semua orang mencibir itu merusak lingkungan. Tapi kalau arsitek atau teknik sipil bangun gedung setinggi langit, itu juga merubah rona awal tapi bentuknya ke atas," paparnya.

"Semua orang tepuk tangan, padahal kalau bangun gedung ke atas paling banter untuk perkantoran atau mal. Jadi menurut persepsi saya, ada ketidakadilan dalam menilai orang tambang," sambung Eko.

Eko menjelaskan, banyak sumber daya yang dapat dihasilkan dari kegiatan pertambangan untuk kebutuhan masyarakat pada saat ini, maupun ke depannya.

"Bayangkan tidak ada nikel yant ditambang, apa yang akan terjadi? Apakah ada handphone hari ini? Tidak ada. Kalau tidak ada batubara, apakah ada listrik yang cukup besar di Indonesia? Tidak ada," ujarnya.

Selain itu, kata Eko, aktivitas pertambangan juga menyerap tenaga kerja cukup besar yang akhirnya mensejahterakan masyarakat di sekitar area tambang.

"Saya ingin tunjukkan merubah rona awal, menambang itu tidak merusak lingkungan, tapi menciptakan rona baru. Kalau dikelola dengan baik, maka justru rona baru tadi menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat," tutur Eko.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bos PT Bukit Asam: Menambang Itu Tak Rusak Lingkungan, Tapi Ciptakan Peradaban Baru

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved