Virus Corona

Jabatan Presiden Berpotensi Jadi 3 Periode, Waketum PKB Ajak Politisi Kumpul Carikan Solusinya

Bila pandemi covid-19 belum berakhir bisa jadi jabatan presiden berpotensi 3 periode, hal ini dikarenakan TPS tutup, kerumunan dilarang demi prokes

Editor: Hendra
dok. MPR
Jazilul Fawaid Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat Diskusi Empat Pilar MPR RI bertema ‘Urgensi Pembentukan Pokok-Pokok Haluan Negara’ kerjasama Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen, di Media Center MPR/DPR/DPD RI, Lobi Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/3/2021) 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA -  Jabatan Presiden hingga kepala daerah sesuai aturannya hanya boleh menjabat selama 2 periode saja.

Namun untuk jabatan presiden bisa berpotensi menjadi 3 periode.

Hal ini mengingat bila situasi pendemi covid-19 belum juga berakhir pada 2021 mendatang.

Jabatan presiden berpotensi jadi 3 periode ini disinggung oleh Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid.

Baca juga: Virus Corona Tak Juga Berakhir, Terpaksa Pemerintah Indonesia Pakai Strategi Jitu Ini Lawan Covid-19

Pasalnya, Jazilul menyebut, jika kondisi pandemi seperti saat ini, di mana Masjid, Mall serta tempat-tempat yang bisa menimbulkan kerumunan dilarang untuk dibuka. 

Maka, tak menutup kemungkinan, jika Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga tidak boleh di buka pada Pilpres 2024, mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Jazilul Fawaid dalam Polemik Trijaya bertajuk 'Pandemi dan Konstelasi Politik 2024' secara virtual, Sabtu (14/8/2021).

"Jadi kalau kondisinya seperti ini ya tentu unpredictable (tak terduga,red) sampai hari ini," kata Jazilul.

"Nah, oleh sebab itu tentu akan ada problem ketatanegaraan kalau ternyata misalkan jadwal yang ditentukan oleh KPU pada Februari 2024, ternyata varian Delta main lagi, otomatis semua ditutup termasuk TPS," tambahnya.

Wakil Ketua MPR ini pun menyebut, jika kondisi pandemi pada 2024 belum bisa dikendalikan, maka harus ada pembicaraan antar politisi untuk mencari jalan keluar terkait Pilpres itu.

Baca juga: Apa Itu Virus Marburg? Lebih Berbahaya dari Covid-19, Ini Gejala dan Cara Penanganannya

"Nah kalau kejadian seperti itu, para politisi harus berkumpul mencari jalan. Mulai sekarang dipikirkan, namanya membuat arah kedepan," ucapnya.

Meski begitu, ia pun tak berharap pandemi akan berlarut-larut bahkan hingga 2024 mendatang.

Jazilul mengatakan, saat ini pemerintah bersama seluruh elemen sedang berjuang agar pandemi ini segera selesai.

"Tapi kita berharap sekuat tenaga kita, semua mudah-mudahan selesai di tahun 2021," harapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Potensi Presiden 3 Periode bila Pandemi Naik Lagi di 2024, PKB: Semua Ditutup Termasuk TPS

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Terkait :#Virus Corona
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved