Breaking News:

Info Kesehatan

Kandungan Oleocanthal Minyak Zaitun Ampuh Membunuh Sel Kanker Payudara, Ini Kata Ahlinya!

Tak hanya sistem pencernaan yang terlindungi, ternyata urusan kanker pun bisa dicegah oleh minyak zaitun.

Editor: Rusaidah
Kandungan Oleocanthal Minyak Zaitun Ampuh Membunuh Sel Kanker Payudara, Ini Kata Ahlinya!
Grid.id
Kandungan Oleocanthal minyak zaitun bisa membunuh sel kanker.

POSBELITUNG.CO - Minyak zaitun dipercaya memiliki kemampuan sebagai obat.

Bapak kedokteran Hippocrates juga merekomendasikan jus buah zaitun segar sebagai obat sakit mental dan gangguan pencernaan.

Berangkat dari rekomendasi ini, para ahli lalu melakukan sejumlah penelitian. Terbukti memang, dengan menambahkan sedikit minyak zaitun yang kaya vitamin E dan memiliki daya antioksidan ke dalam makanan, sistem pencernaan akan terlindungi dan menghindari risiko terkena kanker usus.

Tak hanya sistem pencernaan yang terlindungi, ternyata urusan kanker pun bisa dicegah oleh minyak zaitun.

Dr. Dimitrios Trichopoulos dari Harvard, AS, menyelidiki kaitan konsumsi minyak zaitun dengan pertumbuhan kanker payudara.

Dari penyelidikannya ini diketahui, kaum perempuan yang mengonsumsi makanan yang kaya minyak zaitun, risiko terkena kanker payudaranya menurun 25%.

Kemampuannya ini besar kemungkinan karena kandungan lemak tak jenuh Omega 9 yang terdapat pada minyak zaitun.

Dilansir dari dailymail.co.uk, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Molecular and Cellular Oncology ini menjelaskan bahwa di dalam minyak zaitun terkandung zat sehat yang disebut dengan oleocanthal.

Oleocanthal akan bekerja dengan cara memecah inti sel yang disebut dengan lisosom dan kemudian oleocanthal akan mengeluarkan protein yang dapat mematikan sel.

Hal tersebut diketahui ketika para ilmuwan menyuntikkan minyak zaitun ke dalam sel kanker dan sel kanker bisa mati dalam waktu 30 menit sampai 1 jam.

"Lisosom merupakan pusat daur ulang sel. Ketika Anda membukanya dan memasukkan minyak zaitun, maka Anda akan menghancurkan pertahanan sel tersebut," terang peneliti dari Paul Breslin, dari Rutgers University di Amerika Serikat.

Hebatnya lagi, sambung Breslin, oleocanthal tidak membahayakan sel-sel sehat sehingga kesehatan anggota tubuh lainnya tidak terganggu.

Peneliti pun menyarankan agar penderita sel kanker segera mengganti konsumsi minyak biasa dengan minyak zaitun. Atau memperbanyak konsumsi salad yang dicampur dengan minyak zaitun.

(*)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Grid.id dengan judul Kandungan Oleocanthal Dalam Minyak Zaitun Dipercaya Ampuh Membunuh Sel Kanker Payudara

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved