Breaking News:

Berita Belitung Timur

Ada Varian Covid-19 Delta di Belitung, Bupati Beltim Akan Kirim Sampel Swab Juga ke Jakarta

Bupati Belitung Timur Burhanudin mengaku sangat khawatir dengan adanya varian Covid-19 jenis delta yang sudah secara klinis terbukti ada di Belitung.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
sciencefocus.com/Repro
Ilustrasi Virus Corona Varian Delta Plus 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Timur Burhanudin mengaku sangat khawatir dengan adanya varian Covid-19 jenis delta yang sudah secara klinis terbukti ada di Belitung.

Karena itu, dia mengatakan akan segera mengirimkan sampel swab juga ke Jakarta supaya bisa mendeteksi varian ini.

"Namun tetap walaupun khawatir kita harus tetap tenang, jangan panik, dan jangan lengah. Tetap terapkan protokol kesehatan, bahkan saat di rumah. Karena sekarang klaster keluarga sudah sangat tinggi," kata Burhanudin, Rabu (18/8/2021).

Dia bilang sudah menginstruksikan rumah sakit supaya mengambil sampel swab pasien yang dirawat dengan gejala berat.

Nantinya jika memang varian delta terbukti secara klinis ada di Belitung Timur, dia mengatakan akan lebih mengetatkan edukasi dan pengawasan kepada masyarakat supaya tingkat kesadarannya meningkat.

"Varian delta ini kan sangat cepat menular. Apalagi bagi para lansia yang punya komorbid. Kemudian juga orang yang sudah vaksin pun dengan varian delta ini bisa tertular. Jadi kita harus ekstra lagi bekerjanya," kata Burhanudin.

Lebih jauh dia menjamin bahwa bukan berati adanya varian delta di Belitung, maka bakal ada penyekatan di perbatasan dua wilayah ini. Dia menegaskan tidak ada hal tersebut.

Namun, dia meminta baik supir-supir pembawa bahan pokok dan kebutuhan penting lainnya maupun transportasi umum bisa dites antigen dulu sebelum bepergian ke Belitung Timur.

"Hal ini supaya memberikan rasa aman dan nyamab bagi keduanya, dari pengguna ataupun penerima jasa tersebut," kata Burhanudin.

Ia berpesan agar masyarakat tetap sama-sama mematuhi seluruh anjuran pemerintah supaya covid-19 ini bisa ditekan penyebarannya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved