Virus Corona di Belitung

23.282 Orang di Belitung Timur Sudah Divaksinasi Covid-19, Bupati Minta Maaf Tak Semua Kebagian

Sebanyak 23.282 orang atau 23 persen dari jumlah sasaran 101.206 orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama Covid-19 di Belitung Timur.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Suasana vaksinasi covid-19 di Kantor Camat Manggar, Kamis (26/8/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sebanyak 23.282 orang atau 23 persen dari jumlah sasaran 101.206 orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama Covid-19 di Belitung Timur.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Supeni mengatakan angka itu sudah termasuk pelaksanaan vaksinasi hari ini di tujuh kecamatan di Belitung Timur serentak.

"Vaksinasi ini sangat penting untuk membantu tubuh kita dalam menahan virus corona saat menyerang sistem kekebalan seseorang," kata Supeni ditemui di sela acara vaksinasi di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Kamis (26/8/2021).

Supeni menyebutkan, sasaran vaksinasi kali ini adalah masyarakat umum yang ingin divaksinasi.

Pendaftaran untuk vaksinasi bisa dilakukan di setiap desa masing-masing sehingga pelaksanaan bisa tertib.

Namun hari ini dikecualikan di Auditorium Zahari MZ, warga yang belum terdaftar bisa insidentil mendaftar di sana untuk divaksinasi.

Suasana vaksinasi covid-19 di Kantor Camat Manggar, Kamis (26/8/2021)
Suasana vaksinasi covid-19 di Kantor Camat Manggar, Kamis (26/8/2021) (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Supeni mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah antusias agar mendapatkan vaksin.

Dia mengatakan vaksinasi ini adalah salah satu ikhtiar melindungi diri sendiri dan juga keluarga tersayang.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin me minta maaf kepada masyarakat yang hari ini belum kebagian untuk vaksinasi.

Dia mengatakan vaksinasi akan terus dilakukan oleh pemerintah karena untuk melindungi warganya.

Untuk tu, dia meminta kepada warga yang belum kebagian agar bersabar karena kegiatan ini akan berjalan secara berkelanjutan.

"Kita akan laporkan ini ke provinsi supaya tahu bahwa masyarakat kita sangat antusias dalam vaksinasi. Jadi kita akan kosongkan stok kita terus, jangan disimpan-simpan supaya bisa terus dikirimi vaksin kita," kata Burhanudin.

Dia berpesan walaupun sudah divaksinasi, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan.

Menurutnya walaupun sudah divaksinasi risiko terpapar corona masih ada, apalagi saat ini varian delta yang lebih ganas diindikasikan sudah menyebar di Pulau Belitung.

"Hari ini Belitung Timur masih menambah kasus positif covid-19 sebanyak 66 orang. Ini membuktikan masyarakat kita masih ada yang kurang hati-hati dalam kesehariannya. Mari kita jaga bersama diri kita, otomatis saat menjaga diri, kita juga akan menjaga orang di sekeliling," pesan Burhanudin.

Suasana vaksinasi covid-19 di Kantor Camat Manggar, Kamis (26/8/2021)
Suasana vaksinasi covid-19 di Kantor Camat Manggar, Kamis (26/8/2021) (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sebagai informasi, kasus covid-19 di Belitung Timur per 26 Agustus 2021 pukul 14.00 WIB sejumlah 4.166 orang dengan 3.588 sudah sembuh dan 68 orang meningga dunia.

Kasus aktif hingga saat ini mencapai 511 orang yang mana di antaranya 12 orang dirawat di RSUD Belitung Timur dan sisanya isolasi mandiri ataupun terpadu.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved