Virus Corona di Bangka Belitung

Dua Agenda Promosi Wisata Belitung Timur Dibatalkan, Penyebabnya Refocusing Anggaran Covid-19  

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur (Beltim) memutuskan untuk  tidak menggelar dua even wisata Tahun 2021, setelah tahun sebelumnya juga de

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Kemeriahan Belitung Timur Fashion Carnaval 2019 lalu. (Posbelitung.co/Dok) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur (Beltim) memutuskan untuk  tidak menggelar dua even wisata Tahun 2021, setelah tahun sebelumnya juga demikian. Dua even wisata itu adalah Pemilihan Bujang Dayang Belitung Timur dan Belitung Timur Fashion Carnaval.

Kepada Posbelitung.co, Jumat (27/8/2021), Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur, Evi Nardi beralasan pembatalan dua kegiatan penting itu bukan lain karena masih merebaknya Pandemi Covid-19 di Belitung Timur.

"Selain itu juga anggaran di OPD kami banyak dialihkan atau direfocusing kepada penanganan Covid-19," kata Evi, Jumat.

Namun demikian, dikatakannya masih ada satu even (peristiwa) yang tetap akan diadakan walaupun ada pemunduran jadwal yaitu Belitung Timur Jelajah Pesona Jalur Rempah. Event tersebut termasuk dalam kalender wisata nasional dan akan digelar pada pekan pertama Oktober 2021 mendatang.

Diakuinya memang dampak luar biasa terjadi di sektor pariwisata karena adanya pandemi ini. Seluruh tempat wisata andalan Belitung Timur terpaksa ditutup sebab meminimalisir penyebaran virus ini.

"Sektor pariwisata ini kan multiplier effect. Jadi ketika pariwisata terganggu, banyak yang merasakan dampaknya. Mulai dari agen perjalanan, pedagang di tempat wisata, hingga pengrajin kesenian dan UMKM setempat," katanya.

Dirinya berharap pandemi covid-19 ini segera bisa diakhiri agar pembangunan kebudayaan dan pariwisata di Belitung Timur bisa kembali ditata dengan baik. Dia yakin sektor pariwisata pasti akan memberi imbas positif bagi kemajuan pembangunan di daerah.

"Mari kita sama-sama perangi covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Supaya kita bisa segera terbebas dari pandemi dan bisa nganyau-nganyau lagi," pesan Evi. ( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved