Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Jangan Sembarangan Tes Swab Antigen, Begini Alasannya    

Masyarakat kini mulai marak melakukan tes swab antigen mandiri. Apalagi alat swab antigen juga banyak dijual secara bebas di toko daring dan harganya

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Tenaga kesehatan saat mengambil sampel tes swab warga Tanjungpandan beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Masyarakat kini mulai marak melakukan tes swab antigen mandiri. Apalagi alat swab antigen juga banyak dijual secara bebas di toko daring dan harganya terbilang murah daripada melakukan swab antigen di fasilitas kesehatan.

Meski begitu, swab antigrn ini tidak disarankan dilakukan secara mandiri di rumah.

Menurut Kasi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Sri Agustini, swab antigen mandiri hanya boleh dilakukan di tempat yang telah mendapat rekomendasi dari dinas kesehatan.

"Akibatnya kalau swab antigen mandiri nanti hasilnya tidak terpantau, karena data tidak masuk ke aplikasi lab Kemenkes (Kementerian Kesehatan)," katanya, Jumat (27/8/2021).

Ia menjelaskan, saat melakukan swab antigen mandiri dan hasilnya positif, maka penularan Covid-19 tidak terkendali karena pasien tidak diawasi.

Selain itu, karena tidak terdata sebagai pasien Covid-19, maka akan menyulitkan ketika pasien mengalami gejala serius dan memerlukan rujukan ke fasilitas kesehatan yang menangani kasus Covid-19.

Dilansir dari kompas.com, menurut dr. RA Adaninggar Primadia Nariswari SpPD, aspek lain yang harus diperhatikan adalah pengolahan sampah alat kesehatan ini.

"Siswa tes swab yang kita pakai kan termasuk sampah medis, ada cara sendiri pengolahannya," kata dia.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved