Breaking News:

News Video

TKA asal China Tangkap Buaya Tiga Meter, Daging Dijadikan Sop

Setelah itu, buaya tersebut di santap dan daging nya serta tulang buaya dijadikan sop.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana
Tangkapan Layar
Seekor buaya ukuran tiga meter viral di media sosial setelah di makan oleh TKA yang bekerja di PT Obsidian Stanless Steel (OSS), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. 

POSBELITUNG.CO -- Sebuah video dan foto merekam Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China, kini viral di media sosial (medsos), karena menangkap, membunuh dan menguliti buaya berukuran sekitar tiga meter.

Setelah itu, buaya tersebut di santap dan daging nya serta tulang buaya dijadikan sop.

Dikutip dari Tribunnews.com, awalnya buaya itu ditangkap oleh para pegawai tambang di Morosi, Kabupaten Konawem itu muncul di sekitar jalan houling. 

Jalan tersebut menghubungkan PT OSS dengan PLTU di wilayah kawasan industri Morosi. Buaya tersebut kemudian ditangkap sejumlah karyawan termasuk kelima TKA.

Buaya tersebut tampak diikat di bagian mulut, tangan hingga kaki. Dalam keterangan foto, tertulis penangkapan dilakukan pada Rabu (25/8/2021).

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata sekelompok orang tersebut adalah TKA asal China. Status nya berada di Indonesia, sedang bekerja di PT Obsidian Stanless Steel (OSS), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

"Daerah Morosi itu kan banyak rawa, sungai juga ada. Habibat buaya di situ, tapi sudah rusak karena adanya aktivitas pertambangan di situ, akhirnya dia naik ke darat," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra Sakrianto Djawir, Rabu (25/8/2021) malam.

Sakrianto menyebut, para TKA tersebut tak mengetahui bahwa buaya itu dilindungi. Usai petugas BKSDA terjun ke lokasi, daging buaya sudah habis disantap.

Tulang hingga kulit bahkan dijadikan sop.

Para TKA asal China tersebut akan dimintai keterangan BKSDA.

Bila terbukti, mereka akan dikenakan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Viral TKA Asal China Tangkap dan Kuliti Buaya untuk Disantap, Daging hingga Tulang Dijadikan Sop."

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved