Breaking News:

Berita Belitung

Waspada ! Terjadi Gelombang Tinggi Disertai Hujan Lebat

Seluruh masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir pantai agar waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi . Imbauan ini disampaikan

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
kompas.com
Ilustrasi gelombang tinggi. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Seluruh masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir pantai agar waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi . Imbauan ini disampaikan oleh Carles, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tanjungpandan Belitung, Selasa (31/8/2021).

Berdasarkan prakiraan BMKG, secara umum wilayah Indonesia mengalami masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Kemudian, jika dilihat dari peta prakiraan angin terdapat terdapat pola siklonik atau pusat tekanan rendah di sebelah barat Pulau Kalimantan yang mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Belitung.

"Jadi kami mengimbau waspada terhadap gelombang tinggi di perairan Selat Gelasa dan Selat Karimata dengan tinggi gelombang antara 0,5 sampai 2,5 meter dan hujan lebat disertai petir," ujar Carles kepada Posbelitung.co , Selasa (31/8/2021).

Ia menambahkan saat ini pola pergerakan angin di wilayah Belitung bergerak dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 15-20 knot.

Untuk perairan Selat Gelasa, ketinggian gelombang berkisar antara 0,5 sampai dua meter disertai hujan dan petir.

Sedangkan perairan Selat Karimata, ketinggian gelombang berkisar antara 0,5 sampai dua meter disertai hujan ringan.

Oleh sebab itu, BMKG memberikan peringatan waspada terhadap pertumbuhan awan comolonimbus yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Selain itu, waspada hujan lebat yang berpotensi terjadinya banjir di wilayah Belitung dan Belitung Timur.

"Perlu menjadi catatan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali gelombang yang diperkirakan," katanya. (Posbelitung.co/Dede S)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved