Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Begini Data Capaian Vaksinasi Lansia dan Remaja di Belitung, Dinkes: Perlu Peran Aktif Keluarga  

Sebanyak 44.032 orang atau 30,99 persen masyarakat di Kabupaten Belitung telah menerima suntikan pertama Vaksin Covid-19. Jumlah tersebut merupakan

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Warga Tanjungpandan saat mendaftar vaksinasi di Puskesmas Tanjungpandan beberapa waktu lalu. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 44.032 orang atau 30,99 persen masyarakat di Kabupaten Belitung telah menerima suntikan pertama Vaksin Covid-19. Jumlah tersebut merupakan cakupan vaksinasi hingga Selasa (31/8/2021).

Di antara sejumlah sasaran vaksin, persentase capaian pada pra lansia, lansia, dan remaja umur 12-17 tahun masih di bawah 20 persen untuk penyuntikan vaksin dosis pertama.

Misalnya pada pra lansia, ada 3.275 orang atau 17,56 persen yang menerima Vaksin Covid-19. Kemudian lansia ada 3.088 orang atau 15,76 persen serta remaja baru 2.278 atau 13,98 persen yang telah mendapat penyuntikan vaksin dosis pertama.

Cakupan ini terbilang rendah dibandingkan sasaran lain seperti masyarakat umum yang mencapai 29,78 persen atau 22.216 orang. Maupun penduduk di atas 18 tahun yang berjumlah 41.754 orang atau 33,20 persen telah divaksin.

Menurut Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Joko Sarjono, Rabu (1/9/2021), cakupan sasaran lansia dan remaja pada vaksinasi Covid-19 bergantung pada antusiasme dan keaktifan dari keluarga. Apalagi saat ini, pendaftaran vaksinasi langsung oleh masyarakat ke Puskesmas. 

"Puskesmas tidak mendaftar aktif, yang mendaftar secara aktif itu masyarakat. Kalau puskesmas yang aktif mendaftar, harus koordinasi ke desa, awalnya sempat dilakukan sistem seperti itu, tapi kurang berjalan, sehingga puskesmas menggunakan pendaftaran langsung yang dibuka," lanjutnya. 

Agar vaksinasi pada sasaran itu bisa mencakup banyak, maka diperlukan keaktifan dari keluarga untuk mendaftarkan lansia atau remaja tersebut. Pendaftaran dapat dilakukan di puskesmas, nantinya jadwal vaksinasi akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak puskesmas. 

Saat ini, di Belitung ada 10 tempat vaksi Covid-19 yang aktif. Yaitu di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dan 9 puskesmas. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved