Breaking News:

Berita Belitung Timur

Ada Info Penting Soal Pilkades, KPU dan Pemkab Belitung Timur Teken MoU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur  (Beltim) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Belitung Timur, Kamis (2/9/2021).

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
istimewa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Belitung Timur, Kamis (2/9/2021). (Posbelitung.co/ProkomDias) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur  (Beltim) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Belitung Timur, Kamis (2/9/2021).

Ketua KPU Belitung Timur, Rizal mengatakan MoU ini berkaitan pada beberapa hal tentang kegiatan non-tahapan pemilihan di Belitung Timur termasuk kehumasan. Poin penting MoU antara lain adalah kerja sama dengan Disdukcapil tentang pemutakhiran data pemilih.

"Itu salah satu poin paling penting karena KPU Beltim walaupun tanpa tahapan kita selalu melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Kerjasama ini tiap bulan selalu menyampaikan koordinasi surat ke Dukcapil untuk memutakhirkan data pemilih. Kita juga mengirim surat ke Kades untuk pemutakhiran ini," kata Rizal seusai penandatanganan, Kamis (2/9/2021).

Selain itu, Rizal mengatakan KPU Beltim akan bekerjasama dengan Dinsospemdes terkait dengan pemutakhiran data pemilih dalam Pilkades 2022 serta hal teknis lain yang diperlukan agar pilkades berjalan baik dan kondusif.

"Akar dari ketidakkondusifan daerah adalah terkait data pemilih, teknis pencoblosan, dan penghitungan suara. Karena itu, kami siap membantu penyelenggaraan Pilkades di Belitung Timur supaya berjalan lancar," kata Rizal.

Dia memandang kerjasama dengan Pemda ini sangat penting, salah satunya juga dengan bidang kesehatan. Karena pada pelaksanaan Pilkada Beltim lalu, kami harus memfasilitasi 1.700 petugas KPPS untuk dilakukan rapid tes. Jika tak ada kerjasama dengan Pemda Rizal bilang tahapan coblos hitung tak bisa berjalan.

"Kerjasama ini juga menyangkut dengan dimulainya tahapan pemilihan legislatif pada tahun depan. Semoga bisa berjalan lancar," harap Rizal.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin menyambut baik adanya MoU ini. Menurutnya kerjasama ini bermanfaat bagi penyelenggaraan Pilkades 2022 mendatang yang bisa disupport oleh KPU.

"Supaya penyelenggaraannya bersih dengan memenuhi standar masyarakat. Juga sebagai pemanasan untuk pesta demokrasi tahun 2024," tutup Burhanudin.

Penandatanganan MoU ini dihadiri juga oleh Kadinsospemdes Ida Lismawati, Kepala Bappelitbangda Bayu Priyambodo, para asisten, dan komisioner KPU. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved