Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Mendagri Soroti Percepatan Vaksin di Pulau Belitung, Begini Arahannya

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian datang ke Pulau Belitung dalam rangka kunjungan kerja (Kunker), Kamis (2/9/2021).

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Mendagri Tito Karnavian (tengah) didampingi Gubernur serta pejabat Belitung dan Beltim bersama forkopimda, Kamis (2/9/2021). (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian datang ke Pulau Belitung dalam rangka kunjungan kerja (Kunker), Kamis (2/9/2021).

Setibanya di bandara HAS Hanandjoeddin dari Pangkalpinang, Tito langsung memimpin rapat yang dihadiri Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman, Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakilnya Isyak Meirobie, Bupati Beltim Burhanudin beserta jajaran Forkopimda.

Percepatan vaksinasi menjadi satu pokok bahasan dalam rapat yang digelar di Ruang Sidang Pemkab Belitung itu.

Ia mengatakan, di Kabupaten Beltim terdapat sekitar 120 ribu penduduk, dua pertiga populasinya sekitar 90 ribuan sehingga membutuhkan 180 juta vial vaksin.

Sedangkan di Kabupaten Belitung terdapat sekitar 150-an ribu penduduk, dua pertiga populasinya 100 ribu sehingga membutuhkan minimal  200 ribu vial vaksin untuk mencapai herd immunity.

"Ini kami diskusikan dengan gubernur, memerlukan percepatan vaksinasi meskipun upaya mencegah kerumunan terus berjalan. Oleh karena itu, harus diback up kebutuhannya minimal berapa, avarage berapa, maksimal berapa ditambah narasi lain yang membuat pemerintah pusat menganggap ini penting," ujar Tito usai rapat, Kamis (2/9/2021).

Ia menjelaskan selama pandemi di Babel hanya lima sektor yang pergerakan ekonominya bertumbuh yaitu pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan dan informasi teknologi (IT).

Bahkan dirinya mengakui potensi pertambangan di Babel yang menjadi research di dunia sama halnya pada perikanan, ditambah dukungan sektor pertanian dan perkebunan. Oleh sebab itu, jika seluruh masyarakat telah divaksin secara otomatis produksi akan meningkat dan mampu mendongkrak pertumbungan ekonomi.

Bahkan tourisme tetap akan memilik daerah yang sudah aman dari penyebaran Covid-19. "Itu dulu yang kita dorong, sehingga pemerintah pusat berkeyakinan bahwa Babel masuk skala priotitas. Saya akan dukung untuk itu," katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie menilai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait percepatan vaksinasi sangat sistematif dan solutif.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved