Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Temukan Penumpukan Data Konfirmasi Positif, Isyak Berikan Peringatan pada Klinik  

Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Isyak Meirobie pernah menemukan penumpukan data konfirmasi seperti yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian saat kunjun

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Darwinsyah
Ilustrasi Covid-19 di Bangka Belitung 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Isyak Meirobie pernah menemukan penumpukan data konfirmasi seperti yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian saat kunjungan kerja (Kunker) di Pulau Belitung, Kamis (2/9/2021).

Temuan tersebut muncul saat dirinya sidang bersama Bupati Belitu Sahani Saleh dan Forkopimda melaukan inpeksi mendadak (Sidak) di klinik swasta dan fasyankes pada awal Agustus 2021 lalu.

Isyak mengindikasikan penumpukan input data konfirmasi positif tersebut dikarenakan adanya faktor lain seperti fee dan lainnya.

"Setelah sidak itu sudah mulai bagus. Cuman kami harus memastikan kembali bahwa masih ada data lama yang dirilis Dinas Kesehatan sebagai data kesembuhan, kami harus cek dari 300 lebih kasus aktif tersebut," ujarnya kepada Posbelitung.co, Kamis (2/9/2021).

Isyak menilai proses input data perhari sangat penting untuk menentukan status PPKM dan pemangku kebijakan dalam mengambil langkah.

Sebab, jika data yang dimasukan tidak tepat secara otomatis kebijakan yang diambil pemeritah juga salah.

"Bisa saja kita over acting karena datanya tinggi terus, tutup pintu ini tutup pintu itu, akhirnya masyarakat kita kelaparan karena salah mengambil kebijakan," katanya.

Oleh sebab itu, Isyak langsung memerintah kepada dinas kesehatan (Dinkes) melakukan cleaning data untuk memperoleh data real.

Bahkan dirinya akan memonitor khusus setiap fasyankes agar memasukan data per hari. "Ini warning (peringatan -red) bagi klinik yang tidak menginput data harian maka akan kami berikan sanksi," tegasnya. (Posbelitung.co/Dede S)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved