Breaking News:

825 Warga Swab Antigen Gratis di Gerai Tuntas Covid-19

Hingga 31 Agustus 2021, sebanyak 825 warga telah melakukan pengecekan secara gratis sejak posko tersebut dibuka 19 Agustus lalu.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: M Ismunadi
IST/Dok PPKM
Pelayanan swab antigen gratis di Gerai Tuntas Covid-19 yang berada di samping pos kota polisi lalu lintas tak jauh dari Bundaran Satam, Tanjungpandan, Jumat (3/9/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pelayanan swab antigen di Gerai Tuntas Covid-19 di dekat Bundaran Satam, Tanjungpandan terus berlangsung.

Hingga 31 Agustus 2021, sebanyak 825 warga telah melakukan pengecekan secara gratis sejak posko tersebut dibuka 19 Agustus lalu.

Layanan yang dikelola pusat pemulihan dan karantina mandiri Hendri Winarto Akil Ali (PPKM HWA) ini terus melakukan pengecekan terhadap kontak erat pasien Covid-19. Termasuk warga yang merasa dalam kondisi tidak sehat.

"Kami tanyakan kalau kontak erat lalu positif, kami ada formulir tracing yang harus diisi. Kami tanyakan dari mana, misal kalau pelajar, sekolahnya dimana, nanti kami tracking, pernah berhubungan dengan siapa saja. Kami selesaikan biar tuntas," kata Humas PPKM HWA Riviani Rachmuddin, Jumat (3/9/2021). 

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan Ketua KSB Ayie Gardiansyah saat menerima seribu alat rapid test antigen dari perwakilan perbankan swasta beberapa waktu lalu.
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan Ketua KSB Ayie Gardiansyah saat menerima seribu alat rapid test antigen dari perwakilan perbankan swasta beberapa waktu lalu. (IST/Dok PPKM)

Baru-baru ini, pengecekan antigen dengan hasil reaktif atau positif juga banyak terjadi pada pegawai perusahaan.

Meski begitu, menurutnya ini menjadi hal baik karena tracking atau pelacakan kepada orang yang pernah kontak dapat segera dilakukan.

Tak sekadar memberikan pelayanan swab antigen secara gratis, orang dengan hasil positif Covid-19 juga diberi vitamin dan obat-obatan, serta edukasi cata melakukan isolasi atau karantina.

Memiliki data ketersediaan tempat isolasi terpadu di beberapa titik di Belitung, pihaknya pun saling berkoordinasi sehingga warga dapat segera melakukan isolasi. 

"Kami menentukan, isolasi terpadu di sini (PPKM) atau ke SKB, kalau di SMKN 2 Tanjungpandan. Kemarin belum kami tawarkan karena belum ada PIC (person in charge) sekarang sudah ada, tempatnya mulai bagus, ada 102 bed," jelasnya.

Tempat pemeriksaan gratis bagi umum ini dibuka setiap hariap hari kerja, kecuali Minggu. Warga yang ingin memeriksakan diri hanya perlu menunjukkan kartu identitas diri.

Pelayanan swab antigen yang dibuka melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dan TNI-Polri ini juga terus mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Terbaru, lanjut Rivi, pihaknya menerima seribu alat rapid test antigen dari perbankan swasta.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved