Breaking News:

PCR Palsu

BREAKING NEWS Belasan Orang Diduga Gunakan PCR Palsu di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan

Rombongan ini ditemukan menggunakan dokumen PCR palsu setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas ketika hendak melakukan keberangkatan tujuan Bandara

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Khamelia
Pos Belitung/Disa Aryandi
Belasan orang yang diduga melakukan swab PCR palsu untuk keperluan keberangkatan di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Senin (6/9/2021) ketika melakukan swab di Posko Swab Gratis pusat kota Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Petugas Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan dan Petugas Kantor Karantina Pelabuhan (KKP) Tanjungpandan, Belitung, Senin (6/9/2021) menemukan dukomun PCR diduga palsu kepada 11 orang penumpang.

Rombongan ini ditemukan menggunakan dokumen PCR palsu setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas ketika hendak melakukan keberangkatan tujuan Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

"Iya ada 11 orang. Itu kami curigai ketika melakukan validasi data dan pengecekan," kata Executive General Manager PT Angkasa II Cabang Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Untung Basuki kepada posbelitung.co, (6/9/2021).

Awalnya, kata dia, pemalsuan dokumen PCR itu diketahui karena prosedur pengecekan dokumen penumpang di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, petugas wajib melakukan pengecekan atau validasi data pada aplikasi peduli lindungi.

"Tetapi hasil swabnya tidak muncul di aplikasi itu. Ya seharusnya masuk, maka dari itu dilakukan secara manual oleh petugas KKP," ujarnya.

Sebanyak 11 orang penumpang tidak ada satupun yang masuk dalam data aplikasi peduli lindungi untuk hasil PCR, maka dilakukan konfirmasi kepada rumah sakit utama, selaku yang mengeluarkan dokumen.

"Setelah dikonfirmasi, rumah sakit utama tidak pernah mengeluarkan hasil swab negatif kepada 11 orang itu. Karena print outnya atau dokumennya tertera rumah sakit utama," bebernya.

Untung menyebutkan, seharusnya belasan orang ini sudah berangkat dari Belitung ke Jakarta pada pukul 08.30 WIB.

Lantaran ada persoalan tersebut, maka petugas Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan menyerahkan persoalan ini pihak kepolisian.

Saat ini, belasan orang tersebut sudah dibawa ke Polres Belitung, setelah sebelumnya dibawa ke Pos Swab Gratis di Pusat Kota Tanjungpandan. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved