Breaking News:

Berita Belitung

Pengasuhan Anak Perlu Peran Ayah Agar Lebih Percaya Diri Juga Lebih Sehat Fisik dan Mental

Misalnya anak perempuan yang dekat dengan ayahnya, kata Idzma, akan merasa cantik. Berarti, anak tersebut lebih percaya diri sehingga membuatnya tidak

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Mengajak anak memancing menjadi aktivitas yang bisa dilakukan seorang ayah. Foto beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Peran pengasuhan dalam keluarg cenderung mengarah dominasi peran ibu. Padahal, dalam masa tumbuh-kembang, peran ayah juga dibutuhkan agar anak menerima cinta dan kasih sayang secara penuh dari orang tuanya.

Begitulah yang disampaikan Founder Kidzsmile Foundation Idzma Mahayattika dalam webinar 'Pengasuhan Terbaik Tanggung Jawab Siapa?' yang diadakan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung, Senin (6/9/2021). 

"Menurut riset, anak dengan ayah yang terlibat cenderung punya harga diri tinggi, lebih sehat fisik dan mental, lebih mudah berinteraksi, berteman, dan menyesuaikan diri. Juga cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang pengasih serta mendapat nilai yang lebih bagus di sekolah," jelasnya.

Misalnya anak perempuan yang dekat dengan ayahnya, kata Idzma, akan merasa cantik. Berarti, anak tersebut lebih percaya diri sehingga membuatnya tidak berlebihan mempercantik diri.

Selain itu, anak perempuan yang dekat dengan ayahnya bisa tahu bagaimana diperlakukan oleh pria. Hal ini kemudian berimbas pada anak yang tak mudah tergoda rayuan yang bisa saja mengarah pada suatu tindakan negatif. 

Sayangnya, seorang ayah tidak terlibat dalam pengasuhan yang disebabkan faktor ketidaktahuan, hingga tidak dipercaya oleh pasangan atau pun orang tua. Makanya, agar bisa terlihat dalam pengasuh, seorang ayah membutuhkan support system dari lingkungan. 

"Ayah sebenarnya peduli dan ingin terlibat, seringkali tidak tahu caranya dan tidak ada ruang. Maka beri kepercayaan dan beri ruang agar mereka mampu sehingga mereka peduli dan bisa terlibat penuh," tambah dia.

Gaya pengasuhan ayah yang dilakukan dengan aktivitas fisik dan memberi contoh, dapat melengkapi gaya pengasuhan ibu yang cenderung memberi contoh anak sesuai prosedurnya. Kedua hal ini dibutuhkan anak dalam kehidupan.

Keterlibatan ayah dalam pengasuhan dapat berupa melakukan aktivitas fisik bersama, menemani belajar, ada ketika anak membutuhkan serta memenuhi kebutuhan dasar seekor pendidikan.

"Maka penting bagi ayah punya waktu bermain spesial atau keluar berdua dengan anak sambil melakukan hal-hal yang sebenarnya sederhana dan murah," ucap dia. 

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved