Breaking News:

PCR Palsu

RS Utama Bantah Keluarkan Dokumen Swab PCR 11 Penumpang yang Diduga Palsu

Petugas telah mendapat bantahan dari rumah sakit yang disebut-sebut menerbitkan surat keterangan hasil swab tersebut.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Eltjandring
Pos Belitung/Disa Aryandi
Belasan orang yang diduga melakukan swab PCR palsu untuk keperluan keberangkatan di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Senin (6/9/2021) ketika melakukan swab di Posko Swab Gratis pusat kota Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang Wilker Tanjungpandan, Djauhari mengakui dokumen swab PCR 11 penumpang tidak terdaftar pada aplikasi pedulilindungi.

Bahkan petugas telah mendapat bantahan dari rumah sakit yang disebut-sebut menerbitkan surat keterangan hasil swab tersebut.

Oleh sebab itu, petugas KKP dan Avsec Bandara H AS Hanandjoeddin berkoordinasi dengan Polres Belitung untuk menindaklanjutinya.

Baca juga: Diduga Gunakan PCR Palsu, 13 Penumpang Pesawat Bandara HAS Ini Hadiri Pernikahan Saudara di Belitung

"Terkait kejadian pagi ini setelah didapati, dikroscek ke RS Utama ternyata mereka tidak pernah mengeluarkan itu. Kami tetap melapor ke Avsec dan perwakilan Polres Belitung di bandara untuk tindaklanjutnya," ujar Djauhari kepada posbelitung.co, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Diduga Menggunakan Surat PCR Palsu, 13 Orang Jalani Pemeriksaan Antigen dengan Hasil Negatif

Ia menjelaskan, seharusnya surat keterangan swab untuk keperluan perjalanan sudah masuk di New All Record (NAR) Kemenkes dan terkoneksi dengan aplikasi pedulilindungi.

Baca juga: 13 Calon Penumpang Gunakan PCR Palsu Terdeteksi Petugas Bandara H AS Hanandjoeddin

Sehingga petugas hanya mengecek dokumen melalui aplikasi tersebut.

Jika terjadi kendala seperti aplikasi error atau pengaruh sinyal handphone maka petugas akan melakukan pengecekan secara manual dengan cara mengambil print out dokumen dari NAR.

"Kami tetap kroscek terus dengan rumah sakit dan klinik. Kalau ada yang mencurigakan sedikit, kami langsung koordinasi," ungkapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS Belasan Orang Diduga Gunakan PCR Palsu di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan

Sebelumnya, petugas KKP dan Avsec Bandara H AS Hanandjoeddin menemukan surat swab PCR yang diduga palsu milik 11 penumpang yang hendak berangkat ke Jakarta.

Setelah mengecek dokumen melalui NAR dan berkoordinas dengan pihak RS beserta aparat kepolisian, maka rombongan langsung diarahkan swab antigen di pos swab atigen gratis di Bundaran Tugu Satam.

Saat ini 11 orang tersebut masih dimintai keterangan di Mapolres Belitung.

(posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved