Breaking News:

Telkomsel dan SMESCO Indonesia Jalin Kolaborasi Strategis demi Percepat Transformasi Digital UKM

Program ini mendorong akselerasi UMKM untuk go digital dan memberikan akses kepada UMKM guna mendapatkan pasar transaksi di BUMN.

Editor: Novita
IST/Dokumentasi Telkomsel
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) RI Teten Masduki, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian RI Dody Widodo menandatangani Nota Kesepahaman dalam rangka Kemitraan Koperasi, UMKM/IKM dalam Rantai Pasok BUMN. 

POSBELITUNG.CO - Telkomsel menjalin kolaborasi strategis bersama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LPP-KUKM) atau SMESCO Indonesia, yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) di Jakarta.

Inisiatif strategis ini sekaligus menjadi upaya Telkomsel dalam memperkuat kapabilitas digital di sektor koperasi dan UKM, guna mendukung penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

Langkah Telkomsel ini sejalan dengan semangat TelkomGroup dalam mendukung pemberdayaan UMKM selaku tulang punggung perekonomian Indonesia, dengan kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan potensi menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

TelkomGroup bersama BUMN lain di bawah dirjen Kementerian BUMN, meluncurkan program Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM).

Program ini mendorong akselerasi UMKM untuk go digital dan memberikan akses kepada UMKM guna mendapatkan pasar transaksi di BUMN.

Selain itu, TelkomGroup juga memberikan beragam pelatihan dan produk/aplikasi digital untuk kemudahan digitalisasi bagi UMKM. Diharapkan dengan digitalisasi ini dapat mendukung peningkatan daya saing UMKM, serta mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional dan memperkuat ekonomi digital Indonesia.

Melalui inisiatif strategis ini, Telkomsel akan memanfaatkan ekosistem digital 99% Usahaku dalam membantu UKM binaan SMESCO guna memasarkan produk secara global, digitalisasi sistem operasional usaha, peningkatan kapabilitas melalui program inkubasi dan pelatihan, serta menghadirkan solusi permodalan.

Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel yang terus berupaya membuka peluang lebih luas bagi lintas sektor industri, khususnya koperasi dan UKM melalui pemanfaatan teknologi terdepan Telkomsel.

Saat ini, lebih dari 300 ribu pelaku UKM di Indonesia telah tergabung dalam pemanfaatan layanan unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Tinggi minat pelaku UKM memanfaatkan solusi bisnis berbasis digital yang terintegrasi dari Telkomsel tersebut, tentunya didorong juga semakin tumbuhnya adopsi dan adaptasi para pelaku UKM dalam ekosistem bisnis digital, yang telah terbuksi semakin membuka peluang kemajuan, terutama di masa yang penuh tantangan seperti saat ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved