Breaking News:

Berita Belitung

PPKM Berlanjut, Sanem Akan Undang Pelaku Usaha

Status PPKM Kabupaten Belitung diperpanjang mulai 7 September sampai dengan 24 September akan datang

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
posbelitung.co
Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem). (Posbelitung/Suharli) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Status PPKM Kabupaten Belitung diperpanjang mulai 7 September sampai dengan 24 September akan datang, hal itu disampaikan oleh Bupati Belitung Sahani Saleh, saat ditemui usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Belitung.

"Walaupun kasus di Belitung sudah sangat jauh menurunnya. Dari segi apa yang diamanatkan perintah dari pusat seperti 3T, dimana kemarin kita perhari wajib tracing 165, sekarang hanya 136 untuk perpanjangan kali ini," ujar Pria yang akrab disapa Sanem itu kepada posbelitung.co, Selasa (7/9/2021).

Dia mengatakan dari hasil bebrapa kali tracing yang dilakukan hasilnya sudah dibawah lima persen orang yang terpapar Covid-19, namun lanjut Sanem, pada dasarnya sudah jauh menurun, bahkan dari kesembuhan warga yang isoman sudah lebih banyak sembuhnya.

"Dengan dasar patokan 14 hari tidak ada gejala lagi bagi orang yang terpapar dianggap sudah sembuh," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam laporan orang yang terpapar sampai meninggal dunia adalah kormobid (penyakit bawaan), dia mengimbau agar masyarakat yang merasa memiliki kormobit agar lebih ketat dan berhati-hati dalam menerapkan protkes.

Sisi lain, untuk perekonomian, diakui Sanem dari pelaku usaha UMKM sudah ada yang bersurat.

"Terutama dari pelaku usaha tempat hiburan, suratnya suda sampai ke kami yang minta saran dan pendapat, kalu pun PPKM level 3, maksimal 50 persen. Tapi mungkin secara khusus kami akan mengundang mereka, menyampaikan aturan dari pusat, berkenaan PPKM level 3, kalau nanti ada kesepahaman dengan tanggungjawab bersama," ujarnya.

Bila sudah ada kesepahaman, menurut Sanem, bisa saja para pengunjung atau pembeli yang datang menunjukan kartu vaksin dengan tetap menjalankan protkes.

"Bila perlu kalau memang mereka bersedia orang mau masuk dilakukan antigen terlebih dahulu, itu mungkin solusi yang akan kami tawarkan kepada mereka. Jangan sampai hanya jalan sepihak tanpa ada dukungan bersama-sama," ujarnya.

Apa lagi, lanjut Sanem, laporan terakhir diterimanya berkenaan dengan Covid-19, adanya varian Delta, sudah 12 orang terpapar, dari 12 orang tersebut 8 orang meninggal. (posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved