Breaking News:

Berita Belitung Timur

BLK Belitung Bertemu Bupati Belitung Timur, Bahas Soal Ini

Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung berkunjung ke Kantor Bupati Belitung Timur, Rabu (8/9/2021).

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
Posbelitung.co/BryanBimantoro
Suasana pertemuan BLK Belitung dengan Bupati Beltim di Kantor Bupati Beltim, Rabu (8/9/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung berkunjung ke Kantor Bupati Belitung Timur, Rabu (8/9/2021).

Kunjungan yang dipimpin Kepala BLK Belitung Adi Nugroho ini diterima langsung oleh Bupati Beltim Burhanudin di ruangannya.

Kepala BLK Belitung Adi Nugroho menjelaskan kehadiran BLK di Belitung merupakan salah satu kebijakan transformasi Menteri Ketenagakerjaan bahwa setiap provinsi harus memiliki BLK.

"BLK Belitung mulai ada tahun 2019 akhir dan kami belum banyak bersosialisasi. Kami telah melakukan pelatihan khususnya di bidang pariwisata yang mana tidak menutup kemungkinan kita buka kejuruan-kejuruan lain yang dibutuhkan dunia kerja di Pulau Belitung," kata Adi.

"Sementara ini, kami masih fokus pariwisata tapi tidak menutup kemungkinan kejuruan lain yang dibutuhkan masyarakat terutama masyarakat lokal juga akan kami buatkan pelatihan kerjanya," tambah Adi.

Adi bilang akan berusaha membalancekan kegiatan antara di Belitung dan Belitung Timur karena menurutnya BLK ini milik satu pulau sehingga bisa memberi manfaat bagi masyarakat di dua kabupaten.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan berencana menghibahkan lahan seluas empat hektar untuk pembangunan workshop alat berat kepada Kementerian Tenaga Kerja.

"Semoga ini bisa terwujud sehingga pemuda di Beltim bisa mengembangkan kemampuan kerjanya di bidang mekanik," kata Burhanudin.

Dia berharap BLK Belitung bisa menyiapkan pelatihan yang sesuai dengan potensi daerah dan kebutuhan pasar.

Ia mencontohkan BLK ada rencana untuk membuat pelatihan pengelasan bawah laut.

Menurutnya, selama ini BLK Belitung banyak menghasilkan tenaga kerja siap pakai. Terutama pelatihan yang dibutuhkan sektor jasa dan pariwisata.

Sebagai perpanjangan Kemnaker, BLK juga diharapkan mengadakan pelatihan bukan hanya bekal kemampuan dasar.

"Selama ini Beltim sudah selalu berkomunikasi dan berinteraksi dengan BLK lainnya yang berada di wilayah kerja Kemnaker di Indonesia. Dengan keberadaan BLK bisa memberikan semangat baru buat anak-anak muda di Beltim yang ingin mengembangkan keahlian mereka," harap Burhanudin.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved