Breaking News:

Berita Belitung

Penumpang Pesawat ke Belitung Cukup Negatif Antigen, Tak Lagi Wajib PCR Jika Penuhi Syarat Ini

Siapa yang belum mengetahui tentang syarat transportasi udara untuk menuju ke Negeri Laskar Pelangi atau Belitung?

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Eltjandring
posbelitung
Ilustrasi penumpang pesawat di Terminal Bandara HAS Hanandjoedddin Tanjungpandan, Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Siapa yang belum mengetahui tentang syarat transportasi udara untuk menuju ke Negeri Laskar Pelangi atau Belitung?

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura (AP) II Cabang Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Untung Basuki mengatakan, syarat terbaru pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara menuju Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, kini sudah tidak wajib lagi menggunakan surat keterangan hasil negatif PCR.

Namun, syarat dokumen perjalanan itu, penumpang pesawat harus atau sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

Ketentuan tesebut tertuang melalui Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung nomor : 550/0617/Dishub tentang pengendalian transportasi bagi pelaku perjalanan domestik di wilayah PPKM covid-19 Provinsi Bangka Belitung, berdasarkan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor : 39,40 dan 41 tahun 2021.

"Persyaratan perjalanan itu sudah diperbaharui per tanggal 7 September 2021 kemarin. Jadi pelaku PPDN dengan moda transportasi udara ke dan di wilayah Bangka Belitung dapat menunjukkan surat surat keterangan hasil negatif antigen, maksimal H minus satu sebelum keberangkatan," kata Untung Basuki kepada posbelitung.co, Rabu (8/9/2021).

Untuk dokumen perjalanan menggunakan hasil negatif PCR, kata dia, tetap berlaku. Tetapi untuk penumpang yang baru mendapat vaksinasi dosis pertama, dan dokumen berlaku 'H' minus dua sebelum keberangkatan.

"Bagi calon penumpang yang baru melaksanakan vaksinasi dosis pertama, tetap harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif PCR. Itu harus teregistrasi di Kementerian Kesehatan dalam aplikasi New All Record (NAR), yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 kali 24 jam sebelum keberangkatan," bebernya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk penerbangan keluar dari wilayah Bangka Belitung, tetap mengikuti ketentuan yang berlaku di daerah tujuan.

Seperti penerbangan dari Belitung menuju Jakarta, tetap masih tetap memerlukan surat keterangan hasil negatif PCR, dan kartu vaksinasi minimal dosis pertama.

"Kami berharap dengan adanya perubahan ini, dapat meningkatkan pergerakan pesawat dan penumpang ke Pulau Belitung. Ya kami harapkan juga masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat klasifikasi wilayah provinsi kepulauan Bangka Belitung masih di kategorikan pada daerah, dengan status PPKM Level III," pungkasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved