Breaking News:

Berita Berlitung

Nilai Lada di Koperasi Plasma Kacang Butor Sudah Tembus Rp 6,5 Miliar

Koperasi plasma Kacang Butor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung sudah memiliki pangsa pasar lada hingga keluar daerah.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Eltjandring
Pos Belitung/Disa Aryandi
Produksi lada di koperasi plasma Kacang Butor, Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau, Tanjungpandan, Belitung, Kamis (9/9/2021) sudah memiliki omzet Rp 6,5 miliar. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Koperasi plasma Kacang Butor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung sudah memiliki pangsa pasar lada hingga keluar daerah.

Pangsa pasar itu, sudah dimulai koperasi tersebut sejak September 2021 lalu.

Ketua Koperasi Plasma Kacang Butor Suhardi mengatakan, terdata hingga sekarang omzet didapat dari koperasi tersebut, sekitar 48 ton. Apabila dihitung dengan rupiah, mencapai Rp6,5 miliar.

"Itu dihitung dari harga lada yang awal nya hanya Rp 45.000,- per kilogram hingga Rp 50.000,- per kilogram. Tapi dengan harga lada meningkat, seperti sekarang Rp 88.000,- per kilogram, pendapatan juga ikut bertambah," kata Suhardi kepada Posbelitung.co, Kamis (9/9/2021).

Lada koperasi plasma Kacang Butor itu, melakukan pemasaran lada ke mitra secara langsung. Terdapat dua mitra yang sekarang ini sudah bekerjasama dengan koperasi plasma tersebut.

"Itu ada PT Can di Bandung dan ada PT Ganesha di Jakarta. Kalau sekarang ini biasa kami rata-rata sebulan dua kali pengiriman. Untuk satu pengiriman mencapai 6 ton, tapi biasa tiga kali dalam sebulan, tergantung permintaan," ujarnya.

Selain pemasaran, kata dia, dua perusahaan tersebut melakukan evaluasi, terhadap produksi lada dari perkebunan petani Kacang Butor.

"Sehingga kami bisa memperbaiki produksi ataupun kualitas lada. Itu yang di evaluasi standarisasi kadar air, keputihan, kebersihan, agar mutu lada semakin membaik," ujarnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved