Breaking News:

Harga Ikan di Pasar Naik Hingga 50 Persen, Berbagai Faktor Menjadi Penyebabnya

Berbagai faktor menyebabkan harga ikan di Belitung saat ini merangkak naik. Di antaranya cuaca yang tidak menentu dan bulan terang.

Penulis: Suharli | Editor: M Ismunadi
Posbelitung.co/Suharli
Sekretaris forum pasar ikan peduli, Tanjungpandan, Belitung Dian Idil Pratama saat berada di Pasar Ikan Tanjungpandan. Selasa (14/9/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Berbagai faktor menyebabkan harga ikan di Belitung saat ini merangkak naik.

Di antara penyebabnya yakni cuaca yang tidak menentu dan bulan terang, serta pasokan ikan kurang menyebabkan nelayan enggan melaut.

Sekretaris forum pasar ikan peduli, Tanjungpandan, Belitung Dian Idil Pratama menjelaskan untuk saat ini nelayan masih tetap melaut hanya saja jarak tempuhnya dekat.

"Kawan-kawan nelayan melaut perbatasan kalamoa, nelayan-nelayan perahu kecil masih turun, balik hari untuk mencari cumi, atau ikan pinggir, alhamdullilah masih ada yang turun," ujar Dian kepada posbelitung.co, (14/9/2021).

Sedangkan untuk nelayan yang melaut lebih jauh lagi diluar pulau kalamoa, mungkin jarak beberapa mill gelombang tinggi sudah pasang.

"Semalam saja (13/9) kata kawan-kawan, kondisi di lautan sudah lumayan ribut, karena sudah mau memasuki musim barat, jadi untuk hasil tangkap ikan nelayan pun masih kurang sejauh ini," ujarnya.

Saat ini untuk pasokan ikan di pasar didominasi oleh ikan-ikan kecil, hasil tangkapan kapal bagan yang wilayah tangkapannya tidak jauh.

Dia menyampaikan kenaikan harga ikan saat ini kisaran 20 persen hingga 50 persen, diantaranya jenis ikan bilis, ikan tamban, ikan selar dan ikan laisi.

Kisaran harga ikan bilis mulai dari Rp20.000-Rp30.000 perkilogram, kemudian jenis ikan selara Rp25.000-Rp35.000 perkilogram.

Sedangkan untuk ikan yang paling banyak diminati oleh masyarakat Belitung, seperti jenis ikan bulat harganya lumayan tinggi, karena ikan dari perairan laut dalam.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved