Breaking News:

Memasuki Bulan Terang, Nelayan Jaring Sudah Mulai Sandar Kapal di PPN Tanjungpandan

Kapal Nelayan jaring sudah banyak yang bersandar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan dikarenakan sudah memasuki terang bulan.

Penulis: Suharli | Editor: M Ismunadi
Posbelitung.co/Suharli
Suasana¬†Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan, Belitung, Selasa (14/9/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kapal Nelayan jaring sudah banyak yang bersandar di pelabuhan dikarenakan sudah memasuki terang bulan.

Hal itu disampaikan Darmono Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan, Belitung.

"Tadi saya sempat ngobrol sama nelayan, ini mungkin trip terakhir alasannya sudah terang bulan, sedangkan nelayan lainnya banyak ngejar cumi  dimana musim (cumi) mereka mengejar itu, sedangkan nelayan pancing kebanyakan ke wilayah Peniki," ujar Darmono kepada posbelitung.co, Selasa (14/9/2021).

Saat tidak melaut para nelayan jaring lebih fokus untuk memperbaiki perahu, menunggu hingga siap untuk kembali melaut, paling lama mereka tidak melaut selama 10 hari, dia mengakui saat ini kondisi ikan memang kurang.

"Kurang dalam artian karena sebagian nelayan belum datang. Memang cuaca sehari dua hari ini kurang bagus, apalagi semalam (13/9). Tapi kan itu tiba-tiba cuaca tidak menentu, kecuali memang kalau sudah memasuki musim barat," ujarnya.

Dia juga menyampaikan hingga saat ini belum menerima arahan dari pusat berkenaan dengan cuaca. Dia mengatakan cuaca saat ini di laut tidak bisa diprediksi, seharusnya sudah memasuki musim panas, tetapi masih hujan.

"Kalau sudah ada misal, lampu kuning, atau cuaca ekstrim dari pusat, kami langsung kabari ke nelayan, kami tetap mengimbau utamakan keselamatan," ujarnya.

Dia menambahkan saat ini ikan yang mendominasi dari hasil tangkapan nelayan jaring adalah ikan tongkol hitam.

Kendala lain yang dialami nelayan menurut Darmono adalah, sulitnya mereka mendapatkan BBM. (posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved