Breaking News:

Belitung Menjadi Percontohan Hutan Sosial, Satu dari 2 Daerah yang Bakal Ditinjau Langsung Presiden

Kabupaten Belitung menjadi percontohan hutan sosial, pengembangannya mengarah ke pariwisata. 

Penulis: Suharli | Editor: M Ismunadi
Posbelitung.co/Suharli
MZ Hendra Caya, Sekda Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabupaten Belitung menjadi percontohan hutan sosial, pengembangannya mengarah ke pariwisata. 

Hal itu, disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya usai melakukan rapat  koordinasi teknis terkait update progres pelaksanaan kegiatan pengembangan  wilayah terintegrasi berbasiskan  Perhutanan  Sosial melalui zoom meeting dengan Menko Kemaritiman dan Investasi.

Hendra mengatakan saat ini di Indonesia hanya ada dua loaksi di indonesia yang menjadi percontohan sosial yakni Belitung dan Lumajang.

"Ada dua lokasi percontohan, yakni di Belitung dan Lumajang, di Belitung dikhususkan diarahkan ke developmet pengembangan bidang ke pariwisataan sedangkan di Lumajang itu pertanian," ujarnya, Rabu (15/9/2021).

Saat ini sudah tersusun master plan-nya intregeted area development belitung ini untuk pengembangan hutan sosial belitung, yang didalamnya melibatkan pemerintah kabupaten, kelembagaan, dan kementrian dipusat.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemda Belitung sudah membicarakan khususnya Belitung apa yang sudah terlaksana pada 2021, dan apa yang akan dilaksanakan pada 2022 akan datang.

"Teknisnya, perencanaan ada dari Dinas Bapeda, Pariwisata, Pertanian, DLH membicarakan kehutan sosial ini, bahwa kita sudah ada program untuk 2022, oleh karenanya kami berharap akan ada pertemuan kembali, yang offline, dalam arti kata,  mana yang harus dikerjakan oleh Pemda Belitung, mana yang dikerjakan oleh kementerian PUPR, Kemeterian Pariwisata, kementerian DLH dan Bapenas, jadi akan ada pertemuan khusus yang mana akan membedah tajam lagi dengan rencana aksinya," jelasnya.

Ada tujuh titik lokasi yang rencana untuk pengembangan hutan sosial di Belitung. Tujuh titik lokasi perhutan sosial yang telah disiapkan diantaranya, HKM Juru Seberang, HKM Mitra Betuah (Terong), HKM Bukit Tembalu (Terong),  HKM PNPA Mangrove (Terong), HKM Bukit Peramun, HKM Batu Bedil, dan HKM Teluk Munsang.

"Memang Integreted Area Devolopment ini menjadi perhatian presiden, rencana pada bulan November akan ada peninjauan  perhutanan sosial oleh Presiden. Nah ini belum tahu ke Belitung atau ke Lumajang. Pemerintah Daerah Belitung akan mempersiapkan secara maksimal, bagaimana pengembangan perhutanan sosial ini terintregreted pariwisata, khususnya KEK, kemudian terintrigreted lagi dengan UGG, jadi kami menyiapkan itu," bebernya. (Posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved