Breaking News:

Cegah Pernikahan di Bawah Umur, DSPPPA Belitung Edukasi Pelajar Sekolah

DSPPPA Kabupaten Belitung mengedukasi para pelajar jenjang SMP-SMA agar mencegah pernikahan dini. Edukasi dilakukan melalui Webinar.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: M Ismunadi
IST/Dok PPPA
Peserta webinar pencegahan pernikahan dini yang diadakan DSPPPA Belitung, Rabu (15/9/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kasus pernikahan usia anak masih terus terjadi. Berdasarkan data Kementerian Agama pada 2020 ada 61 kasus pernikahan di bawah umur.

Karenanya Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kabupaten Belitung mengedukasi para pelajar jenjang SMP-SMA agar mencegah pernikahan dini.

Edukasi dilakukan melalui webinar yang digelar pada Rabu (15/9/2021).

"Kenyataan di Belitung pernikahan di bawah umur masih tinggi. Padahal perkawinan anak memiliki risiko perceraian karena anak-anak belum matang secara fisik, mental, spiritual, dan keuangan," kata Kepala DSPPPA Belitung Nurman Sunanda.

Selanjutnya, pencegahan perkawinan usia anak juga perlu sosialisasi secara kontinyu, baik di Kecamatan Tanjungpandan, maupun kecamatan lainnya di Belitung. Sehingga tindakan pencegahan ini perlu kerja sama lintas sektor. Yakni pengawasan dari orang tua 

"Kami mengharapkan dukungan KUA di kecamatan maupun camat untuk membatasi kumpulan anak yang tidak seharusnya. Jangan sampai terkontaminasi hal yang tidak diinginkan apalagi sekarang ada gadget," tambah dia.

Dalam webinar itu, Psikolog Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Belitung Eis Masitah menjelaskan faktor pendorong pernikahan dini beragam.

Mulai dari persoalan ekonomi keluarga, minimnya edukasi, kehamilan di luar nikah, budaya setempat, hingga minimnya aktivitas pendidikan. 

"Pernikahan bukan satu-satunya solusi, karena pernikahan dini justru menimbulkan masalah lain," ucapnya.

Dampak perkawinan anak bisa berimbas pada ibu remaja dan anaknya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved