Breaking News:

Disdukcapil Belitung Imbau Masyarakat Urus Akta Kematian, Berikut Ini Prosedurnya

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Belitung Robert Harison mengharapkan masyarakat agar segera melaporkan peristiwa kematian

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: M Ismunadi
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Suasana pelayanan di Kantor Disdukcapil Tanjungpandan, Kamis (15/9/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Belitung Robert Harison mengharapkan masyarakat agar segera melaporkan peristiwa kematian agar bisa diterbitkan akta kematian.

Menurutnya, akta sama pentingnya dengan pencatatan peristiwa lain seperti kelahiran dan pernikahan.

Hanya saja kesadaran dan tingkat kepemilikan akta kematian ini masih relatif rendah dibandingkan kepemilikan pencatatan akta kelahiran.

Padahal, penerbitan akta kematian penduduk memiliki manfaat, baik bagi pemerintah maupun keluarga mendiang.

Bagi pemerintah, adanya pelaporan peristiwa kematian hingga penerbitan akta kematian dapat menjadi akurasi data dalam memberikan kepastian jumlah penduduk yang rumus sederhananya kelahiran dikurangi kematian.

"Artinya memberikan kepastian berapa jumlah penduduk sehingga setiap peristiwa kependudukan tercatat. Dengan tidak diberikannya akta kematian sering terjadi bias, secara administrasi, jumlah penduduk semakin bertambah tetapi tidak berkurang karena kematian tidak dilaporkan sehingga tidak dicatatkan," katanya, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, juga kemudahan dalam memetakan pembangunan terutama pembangunan sumber daya manusia baik yang ada di desa, kecamatan, kabupaten bahkan nasional.

Di samping juga kemudahan dalam memberikan fasilitas, baik oleh pemerintah secara langsung maupun lembaga-lembaga sosial terkait program tertentu, terutama kondisi pandemi seperti sekarang.
"Umpamanya dialokasikan bantuan untuk 10 orang, ternyata dari data tersebut misalnya ada dua sasaran yang sudah meninggal tapi tidak dilaporkan sehingga tidak terdata, sehingga tidak bisa terserap secara optimal," jelas Robert.

Tak hanya itu, bagi keluarga mendiang, adanya akta kematian juga berguna untuk menunaikan hak dan kewajiban, seperti ahli waris dan santunan, maupun kewajiban lain.

Kemudian sebagai penanda dalam silsilah keluarga yang bisa menjadi rujukan bagi generasi berikutnya.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved