Breaking News:

Berita Belitung

Kemendikbudristek Gelar Program BBM untuk Seniman di Belitung Timur

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rabu (15/9/2021) melakukan kegiatan belajar bersama maestro (BBM) di Kabu

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Fery Laskari
istimewa
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rabu (15/9/2021) melakukan kegiatan belajar bersama maestro (BBM) di Pondopo Disbudpar Kabupaten Belitung Timur. (IST/Dok Disbudpar) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rabu (15/9/2021) melakukan kegiatan belajar bersama maestro (BBM) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Program tersebut diselenggarakan sebagai bentuk mendukung Even Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur. Program BBM ini, sebelumnya sudah berlangsung sejak Tahun 2015 lalu, secara bertahap.

Program yang bersinergi pada Program Indonesiana, jalur rempah dan desa pemajuan kebudayaan tersebut, melibatkan seniman muda. Namun untuk di Belitung Timur, Program BBM diselenggarakan dalam rangka mendukung pelaksanaan Even Jelajah Pesona jalur rempah Belitung Timur tahun 2021.

"Ini diharapkan sebagai simpul utama dalam aktivitas penyebaran dan pertukaran nilai, dan pengetahuan serta ajang pembelajaran bagi SDM kebudayaan di Belitung Timur. Tentunya untuk meningkatkan kompetensi para pelaku seni budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Belitung Timur, Evi Nardi kepada Posbelitung.co, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, kata dia, Program BBM ini pula sebagai bentuk daya cipta dan kemampuan kreatif para pelaku seni budaya di Belitung Timur. 

"Dari sembilan Kabupaten/Kota di Indonesia yang beruntung mendapatkan program ini, salah satu nya Belitung Timur. Belitung Timur sebetulnya sudah dari Tahun 2020 mendapat program BBM ini, dan terus berlanjut sampai sekarang. Salah satu hasil yang sudah di capai, melahirkan grup music orchestra melayu “Spice of Svara”. Group ini sudah melahirkan berbagai macam karya musik, dan sudah tampil di lokal maupun internasional," jelasnya.

Namun, lanjut dia, untuk Tahun 2021 ini peserta yang terlibat sebanyak 20 orang. Ia berharap dari 20 orang itu, bisa menularkan ilmu yang didapat kepada orang lain.

Narasumber pada kegiatan tersebut, Maestro peniliti/pembaru Kemendikbud ristek Irwansyah Harahap dan maestro Tempatan lokal Sukino serta asisten maestro M N Iqbal Aldiaz. 

Kegiatan yang berlangsung di pondopo kantor Disbudpar Belitung Timur tersebut, berlangsung hingga, Sabtu (18/9/20219 mendatang.

"Yang jelas kami tetap komitmen dan menyiapkan program-program lanjutan dari program BBM ini, sehingga karya - karya yang sudah dihasilkan menjadi suatu karya yang berkelas nasional dan internasional," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, dengan program BBM tahun ini akan dapat meningkatkan kapasitas seniman di Belitung Timur, agar lebih unggul dan mumpuni.

"Sehingga seni musik kedepan bisa lebih diperkaya sebagai potensi wisata dan tentunya akan berkontribusi besar terhadap pembangunan sektor kepariwisataan di Belitung Timur," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved