Breaking News:

Berita Belitung Timur

Lelang Jabatan dan Jobfit Kepala Dinas di Belitung Timur Segera Dilaksanakan, Ini Kata Sekda  

Sekretaris Daerah (Sekda) Belitung Timur (Beltim), Ikhwan Fahrozi menyebutkan, proses seleksi Jabatan tinggi pratama (JPT) akan segera dilakukan dalam

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
Posbelitung/Dok
Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Timur Ikhwan Farozi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Belitung Timur (Beltim), Ikhwan Fahrozi menyebutkan, proses seleksi Jabatan tinggi pratama (JPT) akan segera dilakukan dalam waktu dekat melalui lelang jabatan dan jobfit untuk pejabat eselon II di Pemerintah Kabupaten Belitung Timur. Namun untuk pelantikannya belum akan terjadi tahun ini.

Persiapan matang katanya, harus dilakukan sebelum memulai proses tersebut, terutama di sisi anggaran. Ikhwan juga menyatakan proses lelang jabatan lebih berat dilaksanakan ketimbang seleksi job fit. Sebab lelang jabatan adalah proses pengisian jabatan eselon II yang kosong sedangkan job fit hanya mereposisi pimpinan OPD yang sesuai dengan kompetensi.

"Lelang jabatan memang akan memerlukan anggaran cukup besar karena nanti tim assesor dan pansel cukup besar biayanya. Kalau job fit hanya perputaran pada eselon yang sekarang. JPT dapat di-job fit dengan bergeser pada level eselon yang sama," jelasnya kepada wartawan seusai sebuah acara di DPRD Belitung Timur, Selasa (27/9/2021).

Terkait waktu pelantikan yang tak akan terjadi tahun ini dia beralasan menjadikan sisa tahun anggaran ini sebagai evaluasi kepala daerah terhadap kepala OPD yang sekarang menjabat.

"Kita masih fokus pada kinerja anggaran kita. Kalau sekarang pelantikan bagaimana nanti dengan serapan anggaran kita. Di sini kan kelihatan kepala OPD yang serapan anggarannya tinggi atau rendah. Perlu kita lihat kinerjanya dan jadikan bahan evaluasi," katanya.

Di Pemkab Belitung Timur sendiri saat ini ada beberapa jabatan eselon II memang masih kosong karena pejabat sebelumnya yang pensiun atau meninggal dunia. Beberapa di antaranya adalah Staf Ahli, Kepala Bakuda, Kadin Perikanan, dan Kadin Pertanian dan Pangan.

Untuk eselon III dan IV sendiri sudah dilakukan rotasi besar-besaran oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin pada bulan lalu. Burhanudin merotasi 170 ASN untuk mengisi jabatan sekaligus menempatkan pegawai ini sesuai kompetensi masing-masing. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)
 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved